PENGERTIAN STACCATO DALAM SENI MUSIK


  • Pengertian staccato dalam seni musik itu apa sih ?
  • Apa itu staccato ? Apa arti kata staccato ?
  • Apa yang dimaksud dengan staccato ?
  • Apa contoh lagu gaya staccato ?
  • Apa perbedaan legato dan staccato ?

Pengertian Staccato


Pengertian Staccato Menurut Para Ahli

Arti staccato adalah :

Pengertian staccato adalah tanda titik yang diletakkan di bawah atau di atas kepala not (tergantung letak tangkai) yang mempunyai makna untuk memainkan not secara pendek-pendek. (Peter Nickol : 2007 dalam buku Panduan Praktis Membaca Notasi Musik)

Definisi staccato adalah artikulasi atau sifat nada yang dibunyikan secara singkat. (Hari Purwanto : 2009)


Mengapa sebuah lagu bisa terdengar sangat indah? Diantara alasannya ialah karena pada setiap lagu terdapat teknik-teknik tertentu yang dapat membuat sebuah lagu menjadi enak didengar. Hal ini juga yang menjadi alasan logis mengapa ketika kita memainkan suatu lagu dengan cara biasa hasilnya tidak bisa sebagus jika dimainkan para komposer ternama. Sebab mereka menggunakan teknik-teknik khusus dalam bermusik.

Salah satu teknik khusus dalam bermusik yang cukup sering digunakan ialah staccato. Staccato sendiri sesungguhnya merupakan salah satu gaya dalam memainkan alat musik atau dalam menyanyikan suatu rangkaian nada. Staccato merupakan kebalikan dari Legato, yang berarti memainkan nada secara bersambung sehingga dihasilkan nada-nada yang panjang. Oleh karena itu staccato dapat kita artikan sebagai cara memainkan nada secara terputus-putus yakni dengan banyak menggunakan nada-nada pendek.

Akibat permainan nada yang pendek dan terputus-putus, staccato akan menghasilkan bunyi yang terdengar mengalun pendek namun tetap memberikan hentakan tersendiri. Inilah yang membuat staccato banyak digunakan didalam lagu-lagu yang bertempo cepat. Contoh lagu yang menggunakan staccato ini misalnya Maju Tak Gentar. Pada lagu Maju Tak Gentar notasi-notasi yang ada dimainkan dengan teknik sedemikian rupa sehingga menghasilkan nada yang cepat dan menghentak-hentak. Sangat cocok dengan lirik lagunya yang bernuansa semangat. Itulah hasil permainan musik dengan teknik staccato.

Adapun didalam suatu partitur (naskah lagu), not-not balok yang harus dimainkan dengan teknik staccato umumnya dituliskan dengan tambahan tanda titik di bagian atasnya. Ada juga beberapa partitur yang menuliskan tanda penggunaan staccato di bagian bawah nada-nada yang bersangkutan.

Untuk menghasilkan nada semacam ini dari suatu alat musik tentu diperlukan teknik tertentu yang bergantung kepada jenis alat musik yang digunakan. Pada piano misalnya, untuk mendapatkan bunyi staccato maka klaviatur yang ada harus disentuh dalam waktu singkat dan langsung dilepaskan lagi. Cara ini masih tergolong lebih mudah apabila dibandingkan dengan memainkan nada staccato pada biola yang harus dilakukan dengan cara memantulkan ujung bawah busur biola pada senar dengan kecepatan tinggi sambil melakukan permainan jari yang cepat.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian staccato dalam seni musik. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian staccato musik & contoh lagu gaya staccato secara umum ya ! Lihat juga pengertian custom 🙂