PENGERTIAN STAGNAN


  • Pengertian stagnan dalam sosiologi itu apa sih ?
  • Apa itu stagnan ? Apa arti kata stagnan ?
  • Apa yang dimaksud dengan stagnasi ekonomi ?
  • Apa arti stagnan dalam ekonomi ?
  • Apa lawan kata stagnan / antonim stagnan ?

Pengertian Stagnan


Pengertian Stagnan Menurut Para Ahli

Arti stagnan adalah :

Pengertian stagnan adalah kondisi yang terhenti, selalu tetap tanpa menunjukkan adanya suatu kemajuan yang berarti. Dalam kondisi stagnan, segala sesuatu yang terlihat seperti sedang berjalan sesungguhnya hanyalah berjalan di tempat saja.

Arti stagnan dalam ekonomi adalah pertumbuhan tingkat ekonomi yang berjalan sangat lambat, yang mana tingkat pertumbuhan ekonomi tersebut lebih kecil daripada tingkat pertumbuhan ekonomi potensial.

Pengertian stagnan dalam sosiologi adalah masyarakat yang berhenti berubah. Namun sejatinya dalam ilmu sosiologi, perubahan sosial tidak mengenal adanya stagnan, karena manusia tidak akan pernah berhenti berubah dalam kehidupan sehari-harinya.


Secara umum, pengertian stagnan adalah suatu keadaan terhenti (tidak aktif, tidak bergerak, tidak jalan). Lawan kata stagnan adalah dinamis.

Dalam konteks ekonomi terdapat satu teori yang menjelaskan mengenai stagnasi yang dikemukakan oleh Alvin H.Hansen di dalam teori tersebut dijelaskan bahwa negara-negara industri mengalami kejenuhan dikarenakan peluang dalam investasi semakin berkurang sehingga ekonomi di berbagai negara industri mengalami kemandekan (stagnasi).

Bisa juga diambil dalam contoh di lalu lintas mengenai “kemacetan”, kemacetan sering terjadi di Jalan A karena pembanguan infrastruktur di jalan tersebut stagnan (tidak jalan) karena kekurangan dana.

Dalam hal sungai, Kota A kemarin dilanda hujan yang sangat deras sehingga membuat Kota A menjadi banjir karena air di sungai Kota A berhenti mengalir karena tersendat (stagnan) penumpukan sampah yang dibuang sembarangan di sungai tersebut.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian stagnan secara umum ya ! Lihat juga pengertian bejana 🙂