PENGERTIAN STAMBUK


  • Pengertian stambuk itu apa sih ?
  • Apa itu stambuk ? Apa arti kata stambuk ?
  • Apa yang dimaksud dengan stambuk ?
  • Apa pengertian nomor stambuk mahasiswa ?
  • Apa itu nomor stambuk ?

Pengertian Stambuk


Pengertian Stambuk Menurut Para Ahli

Arti stambuk adalah :

Pengertian stambuk adalah buku yang berisi data seluruh anggota sebuah perkumpulan, komunitas, atau organisasi seperti data nama, nomor induk atau nomor stambuk, daerah asal, dan data-data lainnya.

Definisi stambuk adalah kode untuk mahasiswa dari sisi tahun masuknya. Di beberapa universitas di Indonesia, stambuk lebih dikenal sebagai angkatan. Pendek kata, stambuk adalah penomoran berdasarkan tahun, dengan demikian STAMBUK 55 berarti generasi ke 55.


Istilah stambuk masih jarang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan mungkin masih banyak yang asing dengan istilah ini. Dalam percakapan sehari-hari biasanya istilah ini digunakan untuk menyebutkan tahun angkatan siswa atau mahasiswa.

Pada stambuk siswa biasanya juga dimasukkan data prestasi siswa selama bersekolah. Stambuk dapat dikatakan buku induk yang memuat data-data anggotanya seperti siswa, mahasiswa, atau anggota organisasi yang dikelompokkan per tahun angkatan.

Buku induk merupakan catatan yang berisi data seluruh anggota selama sekolah atau organisasi tersebut berdiri. Karena memuat begitu banyak data sehingga kebanyakan buku ini berukuran besar dan tebal. Buku ini biasanya dipegang pihak sekolah, kampus, atau organisasi sebagai arsip atau dokumentasi jika sewaktu-waktu diperlukan. Misalnya jika sekolah atau organisasi akan mengadakan reuni maka buku ini dapat dijadikan panduan untuk mendata dan menghubungi mantan anggota atau siswa.

Dahulu buku ini hanya dibuat dalam bentuk tertulis akan tetapi pada zaman sekarang juga sudah dibuat versi digitalnya sebagai cadangan jika suatu saat buku tersebut rusak. Bahkan stambuk versi digital juga dimasukkan ke website sekolah atau organisasi sehingga dapat diakses dengan mudah.

Untuk membuat buku induk tidaklah sulit. Jika ingin praktis kita bisa membeli buku yang sudah jadi dan tinggal mengisinya. Hal ini tentu sangat mudah akan tetapi memiliki keterbatasan dimana fitur-fiturnya sudah ditentukan dan tidak dapat kita ubah. Kita tidak bisa mengatur data apa saja yang akan dimasukkan karena sudah berupa buku jadi. Jika ingin lebih fleksibel kita bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan aplikasi pengolah data di komputer dan kemudian tinggal dicetak.

Ada banyak contoh blanko buku induk yang dapat dengan mudah didownload di internet dan dijadikan sebagai acuan. Bahkan kini telah hadir program aplikasi buku induk yang terhubung dengan database. Dengan menyimpan data di database memudahkan kita untuk mencari data anggota tertentu secara cepat. Kita tinggal memasukkan nomor induk anggota dan kemudian komputer akan menampilkan data anggota dimaksud.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian stambuk. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian stambuk secara umum ya ! Lihat juga pengertian spionase beserta contohnya 🙂