PENGERTIAN STATUS QUO


  • Pengertian status quo dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu status quo ? Apa arti kata status quo ?
  • Apa pengertian status quo dalam pelajaran sejarah ?
  • Apa yang dimaksud dengan status quo ?
  • Apa pengertian status quo dalam pkn ?

Pengertian Status Quo


Pengertian Status Quo Menurut Para Ahli

Arti status quo adalah :

Pengertian status quo adalah suatu kondisi statis yang tidak ada perubahan, penambahan, ataupun perbaikan.

Pengertian status quo dalam PKN adalah upaya untuk mempertahankan dan menjaga negara pada kondisi dan keadaan sebelumnya. Dengan kata lain, status quo adalah membiarkan negara pada saat kondisi ini sama seperti kondisi yang sebelumnya, tidak akan diubah melainkan justru dipertahankan sepanjang tidak ditemukan suatu alasan yang derajatnya lebih penting dari nilai kemanfaatannya saat ini.

Definisi status quo dalam kepolisian adalah suatu TKP (Tempat Kejadian Perkara) yang masih dalam kondisi utuh seperti keadaan awal / asli / belum berubah.

Pengertian status quo dalam politik adalah sikap politik dari warga negara yang merasa sudah puas dengan kondisi yang ada pada saat sekarang ini dan terus berusaha untuk tetap mempertahankan keadaan tersebut.

Pengertian status quo dalam sosiologi adalah kelompok yang mempertahankan keadaan serta relasi (politik, sosial, ekonomi, kultural) yang ada saat ini dengan cara menolak perubahan. Kelompok ini cenderung bersifat defensif.

Pengertian status quo dalam sejarah adalah keadaan tetap seperti semula sebelum terjadinya suatu peristiwa tertentu. Contohnya pada masa penjajahan Jepang di Indonesia, Jepang diwajibkan menjaga status quo yang artinya Jepang wajib mempertahankan kondisi sebelumnya yaitu tetap menjajah Indonesia dan menjaga dari penguasaan Belanda dan negara penjajah lainnya.

Pengertian status quo dalam kepemimpinan adalah serangkaian upaya untuk mempertahankan kekuasaan pimpinan. Cara yang ditempuh bisa dengan mempertahankan diri sebagai seorang pemimpin atau bisa juga dengan mempersiapkan kader atau pihak-pihak lainnya yang sejalan dengan tujuan si pemimpin.


Kata status quo sebenarnya berasal dari frasa Bahasa Latin yakni “statu quo”. Secara umum, pengertian status quo adalah keadaan yang bersifat tetap tidak berubah sebagaimana keadaan sekarang atau sebagaimana keadaan sebelumnya.

Frasa yang berkaitan dengan status quo adalah status quo ante, yang berarti “Negara di mana sebelumnya”, atau “keadaan yang ada sebelumnya”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kata status quo bermakna sebagai keadaan tetap pada suatu saat tertentu.

Status quo juga memiliki makna keberadaan negara, yang secara umum dipakai sebagai salah satu istilah dalam ilmu politik dan sosial. Mempertahankan status quo berarti menjaga hal-hal seperti keadaan saat ini, tanpa perubahan apapun.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa orang yang mengambil prinsip status quo itu anti dengan yang namanya perubahan. Di mana orang yang menganut prinsip hidup status quo mereka memiliki keadaan hidup yang tetap tidak ada perubahan sama sekali. Mereka benar-benar merasa nyaman dengan keadaan sekarang dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan keadaan sekarang.

Contoh dalam ranah pemerintahan : Kita tahu bahwa Indonesia memiliki tiga orde, yaitu orde lama, orde baru, dan reformasi. Nah setiap orde memiliki masa periode tertentu untuk sekarang ini kita dalam masa era reformasi, walaupun sekarang sudah era reformasi pasti ada orang yang masih mempertahankan sikap dari orde lama maupun orde baru.


Semoga artikel pengertian status quo dan contohnya secara umum ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian tax treaty 🙂