PENGERTIAN STRATEGIS


  • Pengertian strategis itu apa sih ?
  • Apa itu strategis ? Apa arti kata strategis ?
  • Apa yang dimaksud dengan strategis ?
  • Apa pengertian tempat strategis / lokasi strategis ?
  • Apa pengertian strategis pemasaran ?

Pengertian Strategis


Pengertian Strategis Menurut Para Ahli

Arti strategis adalah :

Pengertian strategis adalah suatu hal yang mempunyai dampak atau pengaruh yang menguntungkan terhadap suatu tujuan tertentu secara jangka panjang. (Milkovich : 1994)

Definisi strategis adalah suatu tujuan dan sasaran yang menguntungkan yang bersifat jangka panjang. (Robbins : 1990)

Pengertian strategis adalah suatu tempat usaha yang dekat dengan sumber bahan mentah atau pemasok, dekat dengan pusat kegiatan ekonomi seperti perkantoran, pertokoan, bank dsb serta dekat dengan jalur transportasi umum. (pengertian letak strategis bisnis – Sukanto : 1997)


Istilah strategis sering digunakan di masyarakat untuk menyatakan suatu tempat yang lokasinya bagus atau baik. Misalnya sebuah ruko atau rumah toko dikatakan strategis ketika ruko tersebut dibangun di sekitar pusat keramaian seperti pasar, sekolah, kampus, atau kantor karena ruko tersebut berpotensi baik untuk digunakan sebagai tempat usaha sehingga jika ruko tersebut disewakan atau dijual maka harganya akan naik.

Atau sebuah pelabuhan disebut strategis ketika pelabuhan tersebut berada di jalur yang banyak disinggahi kapal pedagang sehingga pelabuhan tersebut kondisinya akan sangat ramai dan banyak digunakan pedagang untuk bertransaksi.

Istilah strategis juga berarti segala sesuatu yang berhubungan atau berdasarkan strategi-strategi yang telah ditentukan untuk mencapai tujuan atau target. Sesuatu dikatakan strategis ketika ia dibuat atau dilaksanakan berdasarkan strategi yang dianggap paling tepat untuk mencapai tujuan. Misalnya dalam istilah perencanaan strategis, langkah strategis, manajemen strategis, dan lain sebagainya.

Salah satu alat manajemen yang sangat penting adalah perencanaan strategis yang merupakan sebuah proses dalam menentukan strategi yang akan digunakan serta memutuskan pengalokasian sumber daya, baik sumber daya alam, modal, dan sumber daya manusia, untuk melaksanakan sebuah strategi.

Misalnya suatu perusahaan makanan telah memutuskan menggunakan strategi diskon pada jam tertentu untuk meningkatkan penjualan. Perencanaan strategis meliputi seluruh proses untuk menentukan strategi dalam rangka meningkatkan penjualan serta bagaimana alokasi seluruh sumber daya yang ada dalam pelaksanaan strategi ini. Seperti bagaimana mengalokasikan pegawai pada jam diskon agar semua pesanan dapat diselesaikan karena kemungkinan besar pesanan pada jam diskon sangat tinggi.

Dengan adanya perencanaan strategis kita dapat memprediksi kondisi organisasi atau perusahaan pada masa mendatang berdasarkan kondisi saat ini dan menentukan langkah-langkah untuk menghadapinya.

Ada beberapa langkah atau tahapan dalam melaksanakan sebuah perencanaan strategis. Pertama adalah   merumuskan sasaran yang ingin dicapai. Hal ini sangat penting karena akan melibatkan berbagai sumber daya organisasi dalam jangka panjang.

Yang kedua adalah mengenal dan menyesuaikan tujuan dan strategi yang telah ditentukan. Yang ketiga melakukan analisis lingkungan seperti kondisi ekonomi, sosial, politik, budaya, teknologi, dan hukum yang dapat mempengaruhi organisasi. Yang keempat adalah analisis sumber daya yang dimiliki untuk mengetahui kapasitas organisasi dalam menjalankan strategi. Yang kelima adalah menganalisa kemungkinan kesempatan dan ancaman terhadap pelaksanaan sebuah strategi.

Dan yang terakhir adalah menentukan apakah diperlukan sebuah perubahan strategi ketika terjadi perubahan baik dalam organisasi secara internal atau perubahan kondisi lingkungan agar tujuan yang telah ditentukan tetap dapat dicapai.

Adapun definisi lainnya yang masih berhubungan dengan kata strategis antara lain :

Pengertian strategis pemasaran adalah pemasaran yang berkonsep untuk mengubah fokus pemasaran ke arah ruang lingkup eksternal yang lebih luas lagi yang bertujuan untuk menambah pangsa pasar. (Suyanto : 2010)

Pengertian rencana strategis adalah suatu rencana untuk mengeksplorasi berbagai strategi yang akan ditempuh dan kemudian menganalisisnya apakah strategi tersebut bisa membawa organisasi ke arah yang lebih baik lagi atau tidak. (Katsioloudes : 2002)

Pengertian manajemen strategis adalah berbagai macam kegiatan dan keputusan yang diambil pihak manajemen dalam menentukan kinerja jangka panjangnya. (Hunger : 2012)

Pengertian strategis nasional adalah segala macam hal yang mempunyai sifat menguntungkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Pengertian strategis bernegosiasi adalah bernegosiasi dengan win-win solution dimana kedua belah pihak yang melakukan negosiasi sama-sama sepakat dan tidak salah satu pihak ada yang dirugikan.


Nah itulah beberapa kumpulan contoh pengertian strategis menurut para ahli. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian strategis secara umum ya ! Lihat juga pengertian spekulasi 🙂