PENGERTIAN STUDI PUSTAKA


  • Pengertian studi pustaka dalam penelitian itu apa sih ?
  • Apa itu studi pustaka ? Apa arti kata studi pustaka ?
  • Apa yang dimaksud dengan studi pustaka ?
  • Apa yang dimaksud dengan metode studi pustaka ?
  • Apa tujuan dan fungsi studi pustaka ?

Pengertian Studi Pustaka


Pengertian Studi Pustaka Menurut Para Ahli

Arti studi pustaka adalah :

Pengertian studi pustakan adalah mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti dokumen, buku, catatan, majalah, kiisah-kisah sejarah dsb. (Mardalis : 1999)

Definisi studi pustaka adalah mempelajari berbagai buku referensi serta hasil penelitian sebelumnya yang sejenis yang beguna untuk mendapatkan landasan teori mengenai masalah yang akan diteliti. (Sarwono: 2006)

Pengertian studi pustaka adalah teknik pengumpulan data dengan melakukan penelaahan terhadap berbagai buku, literatur, catatan, serta bebagai laporan yang berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan. (pengertian studi pustaka menurut nazir 1988)

Studi pustaka adalah kajian teoritis, referensi serta literatur ilmiah lainnya yang berkaitan dengan budaya, nilai dan norma yang berkembang pada situasi sosial yang diteliti (pengertian studi pustaka menurut sugiyono 2012)

Pengertian studi pustaka dalam penelitian adalah metode pengumpulan data dengan mencari informasi lewat buku, majalah, koran, dan literatur lainnya yang bertujuan untuk membentuk sebuah landasan teori (pengertian studi pustaka menurut arikunto 2006)


Melakukan penelitian berarti mencoba mencari solusi atas suatu permasalahan yang dilakukan dengan cara-cara ilmiah, salah satunya dengan melakukan studi pustaka. Studi pustaka merupakan teknik pengumpulan data dan informasi dengan menelaah sumber-sumber tertulis seperti jurnal imiah, buku referensi, literatur, ensiklopedia, karangan ilmiah, serta sumber-sumber lain yang terpercaya baik dalam bentuk tulisan atau dalam format digital yang relevan dan berhubungan dengan objek yang sedang diteliti.

Dari buku-buku referensi kita bisa memecahkan masalah berdasarkan teori-teori dan rumus-rumus yang telah diuji kebenarannya dan diakui secara umum. Kita juga dapat menelaah penelitian-penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan objek yang sedang diteliti melalui jurnal ilmiah yang sangat mudah diakses dan sebagian ada yang sifatnya gratis.

Dalam penelitan selevel skripsi dan tesis studi pustaka merupakan keharusan dan harus dicantumkan dalam laporan skripsi atau tesis. Studi pustaka menjadi landasan teori ketika peneliti akan mengambil kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.

Tempat yang paling tepat untuk melakukan studi pustaka tentu saja perpustakaan yang menyediakan berbagai buku dan tulisan secara gratis, seperti pustaka kampus, pustaka daerah, dan lain sebagainya. Selain itu pada zaman sekarang kita juga dapat dengan mudah mengakses buku-buku, tulisan, serta jurnal ilmiah secara online sehingga semakin banyak sumber yang dapat diakses. Sumber-sumber di internet ini ada yang sifatnya gratis dan ada pula yang berbayar. Asal gigih mencari ada banyak tulisan ilmiah yang dapat diakses secara gratis.

Studi pustaka dilakukan sebelum peneliti memulai penelitiannya, hal ini bertujuan diantaranya untuk menemukan informasi yang relevan sesuai dengan objek penelitian dan menambah pengetahuan mengenai masalah yang diteliti. Dengan melakukan studi pustaka kita juga dapat menemukan masalah yang akan dijadikan objek penelitian, hal ini sangat berguna ketika kita belum menemukan objek yang akan diteliti.

Studi pustaka juga dilakukan untuk mendapatkan landasan teori yang dapat dijadikan pedoman ketika melakukan pemecahan masalah dan merumuskan hipotesis yang akan diuji. Dengan melakukan studi pustaka kita juga dapat menghindari penelitian terhadap aspek-aspek dari suatu permasalahan yang telah diteliti sebelumnya.


Nah itulah beberapa contoh pengertian studi pustaka menurut para ahli. Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian studi pustaka dalam metode pengumpulan data secara umum ya ! Lihat juga pengertian stambuk 🙂