PENGERTIAN SUBSTANSI DALAM BIOLOGI


  • Pengertian substansi dalam biologi itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan substansi genetik ?
  • Apa arti kata substansi ? Apa itu substansi ?
  • Apa yang dimaksud dengan substansi hereditas ?
  • Apa pengertian substansi genetika ?

Pengertian Substansi


Pengertian Substansi Menurut Para Ahli

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti pernah mendengar istilah biologi. Dalam benak kita, biologi pasti merujuk pada pelajaran tentang tumbuhan, hewan, dan manusia yang kita terima di sekolah-sekolah. Tidak jauh berbeda dengan istilah substansi. Kita juga sering mendengar istilah ini digabungkan dengan kosakata lain, seperti substansi pelajaran, substansi konstitusional, substansi buku, dan lain sebagaimana. Namun, bagaimana dengan pengertian substansi dari biologi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini ulasan tentang definisi substansi dalam biologi.

 Secara etimologi, kata substansi merupakan kata serapan dari bahasa Inggris “substance” yang berarti ‘isi’. Istilah “substance” berasal dari bahasa Latin “substantia” yang berarti ‘bahan’, ‘hakikat’, ‘isi’. Kata “substanstia” sendiri merupakan gabungan kata “sub” yang berarti di bawah, serta “stare” yang berarti ‘tempat berdiri’ atau ‘keberadaan’. Menurut Aristoteles, substansi merupakan sebuah konsep yang dapat berdiri sendiri, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan konsep tersebut merupakan keterangan-keterangannya.

Secara umum, pengertian biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang mahluk hidup. Menurut Fiktor Ferdinand P dan Moekti Ariwibowo, biologi mereka definisikan sebagai ilmu tentang mahluk hidup beserta lingkungannya yang memiliki cabang-cabang tersendiri yang mempelajari lebih spesifik lagi tentang mahluk hidup. Sedangkan menurut Wjiaya Jati, biologi adalah ilmu sains mengenai mahluk hidup yang menitikberatkan kajian ilmu mengenai mahluk hidup dan kehidupannya.

Merujuk pada pengertian dari istilah substansi dan biologi sebelumnya, kita dapat mengartikan substansi biologi sebagai core atau inti dari ilmu tentang mahluk hidup. Maka dengan kata lain, jika kita berbicara tentang substansi biologi, hal ini merujuk pada substansi genetik yang di dalamnya terdapat DNA.

Substansi = Isi materi & Genetika = Sesuatu hal yang membedakan satu dengan lainnya. Pendek kata pengertian substansi genetika adalah bagian yang terdapat di dalam sel yang mempunyai peranan dalam pembawaan sifat atau karakter dari suatu makhluk hidup. Bagian tersebut berupa senyawa kimia asam nukleat DNA/RNA yang terdapat pada kromosom.

Substansi genetik dianggap sebagai substansi biologi karena substansi genetik merupakan suatu kesatuan terkecil dalam tubuh yang membentuk mahluk hidup tersebut serta menurunkan sifat yang akan dibawa masing-masing individunya. Subtansi genetik adalah senyawa yang mampu menentukan karakter atau sifat mahluk hidup, dan senyawa  itu dapat diturunkan ke keturunannya melalui proses perkawinan.

Senyawa genetik tersebut adalah DNA yang membentuk gen dengan atmosfer protein yang ada di sekitar DNA dengan kode gen pembentuk asam amino. Gen pada setiap sel mahluk hidup berada pada Lokus kromosom yang terdapat didalam inti sel atau nucleus. Jika dirunut tentang stuktur pembentuk mahluk hidup dapat dirangkum sebagai berikut.

DNA -> GEN (protein dan enzim) -> KROMOSOM -> NUKLEUS -> SEL -> JARINGAN -> ORGAN -> SISTEM ORGAN -> MAHLUK HIDUP


Oke itulah penjelasan pengertian substansi dalam biologi secara singkat. Semoga artikel pengertian substansi dalam biologi ini bisa bermanfaat bagi teman-teman ya ! Lihat juga pengertian ofensif dan defensif 🙂