PENGERTIAN SUBSTRAT DAN CONTOHNYA


  • Pengertian substrat pada enzim itu apa sih ?
  • Apa itu substrat ? Apa arti kata substrat ?
  • Apa yang dimaksud dengan substrat ?
  • Apa pengertian substrat dan produk ?

Pengertian Substrat


Pengertian Substrat Menurut Para Ahli

Arti substrat adalah :

Pengertian substrat adalah lapisan dasar sesuatu, atau lapisan yang berada di bawah lapisan lain.

Pengertian substrat dalam kaitannya dengan kerja enzim adalah substansi atau zat yang akan ditindaklanjuti oleh enzim, atau dengan kata lain substrat adalah zat yang akan dijadikan suatu produk. Contoh substrat pada enzim protease misalnya, substratnya adalah protein, dan kemudian enzim ini akan bereaksi mengubah protein tersebut menjadi asam amino. Nah asam amino inilah yang disebut dengan produk.

Pengertian substrat dalam biologi adalah berbagai macam komponen biotik dan abiotik yang berperan sebagai tempat mencari pakan, tempat berlindung, serta tempat hidup bagi organime tertentu.

Pengertian substrat perairan adalah daerah tempat tinggal berbagai macam jenis hewan dan tumbuhan yang hidup di suatu dasar perairan tertentu.


Istilah substrat mungkin kurang begitu familiar bagi masyarakat umum. Istilah ini lebih sering digunakan dalam kajian-kajian ilmiah dalam bidang biologi, kimia, elektronika, dan lain-lain. Secara umum pengertian substrat adalah zat atau unsur yang menjadi dasar atas sesuatu atau lapisan dimana sesuatu atau beberapa proses terjadi. Misalnya zat dalam kondisi awal yang belum mendapat reaksi kimia, lapisan silikon pada suatu rangkaian elektronika sebagai tempat dipasangnya berbagai komponen elektronika, atau tanah sebagai tempat tumbuhnya berbagai tanaman, ketiganya merupakan contoh substrat dalam berbagai bidang.

Tubuh manusia menghasilkan berbagai jenis enzim yang diperlukan sebagai katalis untuk mempercepat proses reaksi kimia di dalam tubuh. Tanpa adanya enzim maka metabolisme tubuh akan terganggu. Contohnya saja dalam proses pencernaan makanan, mulai dari makanan masuk ke mulut dan bereaksi dengan air ludah diperlukan enzim amilase saliva dalam pemrosesannya. Molekul awal yang menjadi objek yang akan dikatalisasi menjadi molekul lain oleh enzim disebut substrat.

Jika kita mengonsumsi gula dapur atau sukrosa maka sukrosa itulah yang berperan sebagai substrat. Ada begitu banyak jenis enzim di dalam tubuh yang masing-masing hanya cocok dan bereaksi dengan substrat tertentu. Bahkan secara umum penamaan sebuah enzim mengikuti nama substrat yang dipengaruhinya dan diberi akhiran -ase. Misalnya enzim sukrase yang berperan dalam proses perubahan sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa, atau enzim pektinase yang berperan dalam perubahan pektin menjadi senyawa asam pektin.

Lapisan atau media seperti pasir dan lumpur di pantai merupakan contoh substrat dalam ekologi perairan dimana pada pasir dan lumpur inilah hidup dan berkembangnya sebagian hewan dan tumbuhan laut. Jenis substrat di suatu pantai turut mempengaruhi jenis dan penyebaran hewan, contohnya pada substrat lumpur dimana jenis hewan yang berkembang adalah infauna seperti teripang.

Demikian pula pada ekosistem air buatan seperti aquarium dimana diperlukan pasir, tanah liat, atau kerikil sebagai substrat atau lapisan tempat tanaman dapat hidup dan tumbuh. Harus diperhatikan dan dipilih jenis substrat yang tepat untuk mengisi aquarium agar ekosistem di air tetap seimbang. Suatu substrat yang baik adalah yang mampu mendukung dan memelihara tanaman agar tumbuh dengan baik, menciptakan dan menjaga keseimbangan di dalam aquarium, serta tetap menjaga keindahan aquarium.


Oke itulah penjelasan pengertian substrat dan contohnya secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian substrat dalam biologi, mikrobiologi & dalam kerja enzim secara umum ya ! Lihat juga pengertian suku kata dan contohnya 🙂