PENGERTIAN SUBVERSI DAN INTERVENSI


  • Pengertian subversi dan intervensi itu apa sih ?
  • Apa itu subversi ?  Apa arti kata subversi ?
  • Apa yang dimaksud subversi dan intervensi ?
  • Apa pengertian subversi dalam pkn ?
  • Apa pengertian subversi dan contohnya ?

Pengertian Subversi dan Intervensi


Pengertian Subversi dan Intervensi Menurut Para Ahli

Arti subversi dan intervensi adalah :

Pengertian subversi adalah suatu bentuk ancaman berupa rencana maupun usaha untuk menjatuhkan kekuasaan yang berada di dalam negeri.

Pengertian intervensi adalah campur tangan pihak luar dalam urusan ekonomi, politik, sosial, budaya dsb.


Kedaulatan dan keutuhan sebuah negara merupakan harga mati yang tidak dapat ditawar lagi. Untuk itu semua usaha yang bertujuan mengganggu kedaulatan sebuah negara akan ditindak tegas dan diancam dengan hukuman yang berat sesuai aturan dalam konstitusi negara tersebut. Salah satu bentuk usaha yang mengganggu keutuhan dan kedaulatan sebuah negara adalah tindakan subversi.

Subversi adalah tindakan-tindakan yang dilakukan dalam rangka menumbangkan kekuasaan yang sah dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan konstitusi negara tersebut. Di Indonesia sudah terjadi beberapa kali tindakan subversi yang berupaya mengganti pancasila sebagai dasar negara Indonesia serta memecah belah negara kesatuan republik Indonesia. Sasaran yang dituju oleh tindakan subversi biasanya merupakan bidang-bidang yang signifikan seperti militer, ekonomi, politik, sosial, budaya, serta psikologi.

Karena subversi merupakan hal yang sangat berbahaya sehingga diterbitkan undang-undang untuk mengaturnya yaitu undang-undang nomor 11/PnPs/Tahun 1963 mengenai pemberantasan kegiatan subversi. Akan tetapi pada tahun 1999 ketika masa reformasi undang-undang ini dicabut karena dianggap bertentangan dengan hak asasi manusia dan asas negara yang berlandaskan hukum. Hal ini dilatarbelakangi banyaknya orang-orang yang tidak bersalah menjadi korban tuduhan tindakan subversi hanya karena kepentingan orang-orang tertentu.

Bentuk ancaman lain terhadap kedaulatan dan keutuhan negara adalah intervensi atau campur tangan yang berlebihan dari negara lain yang sama sekali tidak ada hubungannya dalam urusan politik, sosial, ekonomi, dan budaya sebuah negara.

Biasanya intervensi yang dilakukan justru semakin memperkeruh masalah yang telah ada. Hal ini menyebabkan negara yang suka melakukan intervensi tidak disukai oleh negara-negara lain. Misalnya turut campur dalam pertikaian negara-negara lain dengan ikut mengirimkan prajuritnya ke negara yang sedang bertikai. Atau turut serta dalam peperangan dengan cara blokade ke negara lain padahal tidak ada hubungannya sama sekali.

Salah satu negara yang sering melakukan tindakan intervensi adalah Amerika Serikat. Sebagai negara adidaya mereka sangat sering turut campur secara militer dalam urusan negara lain diantaranya Grenada pada tahun 1983, Panama pada tahun 1989, Irak pada tahun 1990, Somalia pada tahun 1993, Afganistan dan Sudan pada tahun 1998, Yugoslavia pada tahun 1999, dan masih banyak lagi.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian subversi dan intervensi. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian subversi dan intervensi dari luar secara umum ya ! Lihat juga pengertian studi pustaka 🙂