PENGERTIAN SUNNAH MUAKKAD DAN CONTOHNYA


  • Pengertian sunnah muakkad dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu sunnah muakkad ?
  • Apa arti kata sunnah muakkad ?
  • Apa yang dimaksud dengan sunnah muakkadah ?
  • Apa pengertian sunnah muakkad dan ghoiru muakkad ?

Pengertian Sunnah Muakkad


Pengertian Sunnah Muakkad Menurut Para Ahli

Arti sunnah muakkad adalah :

Pengertian sunnah muakkad adalah ibadah sunnah yang sifatnya sangat dianjurkan untuk dikerjakan sedangkan pengertian sunnah ghairu muakkad adalah ibadah sunnah yang tidak terlalu begitu dianjurkan untuk dilakukan. (Ustadz Arif Rahman : 2016)

Definisi sunnah muakkad adalah suatu anjuran yang sifatnya sangat ditekankan untuk dilakukan. (Ahmad shidqi : 2008)


Agama merupakan ajaran yang menuntun manusia menjalani kehidupannya dengan baik dan benar. Agama Islam adalah agama yang sempurna karena berisi tuntunan mengenai seluruh bidang kehidupan manusia. Mulai dari ajaran tauhid bagaimana mengimani Allah sampai ajaran fiqh yang mengatur bagaimana cara bersuci setelah buang air kecil/besar.

Agama mengajarkan apa yang benar dan apa yang salah, apa yang boleh dan apa yang tidak boleh. Hal ini didukung oleh dalil-dalil yang terdapat dalam kitab suci Alquran dan hadits. Misalnya berzina dilarang oleh agama dan hukumnya haram, sholat fardhu yang lima waktu wajib hukumnya, atau sholat sunnah setelah dan sebelum sholat fardhu hukumnya sunnah.

Apa saja yang diperintahkan dalam agama pasti perbuatan yang baik dan mendatangkan manfaat, sebaliknya hal-hal yang dilarang adalah hal-hal yang buruk dan merusak baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Seperti berzina atau pergaulan bebas dilarang karena di dalamnya terdapat keburukan baik bagi pelaku maupun orang lain. Berzina merupakan salah satu penyebab tersebarnya penyakit seksual dan hiv/aids, belum lagi jika terjadi kehamilan dapat menyebabkan keluarga menjadi malu.

Ada lima jenis hukum di dalam agama Islam yang menentukan apakah suatu perbuatan diperbolehkan atau tidak, atau kalaupun boleh apakah dianjurkan atau tidak. Kelima hukum itu diantaranya wajib, haram, sunnah, makruh, dan mubah. Sunnah adalah hukum terhadap perbuatan yang jika dikerjakan mendapat pahala sementara jika ditinggalkan tidak akan diganjar dosa. Sunnah lebih berupa anjuran terhadap sesuatu karena kebaikan di dalamnya, akan tetapi jika belum mampu mengerjakannya tidak apa-apa.

Hukum sunnah masih dapat dibedakan lagi menjadi sunnah muakkad dan sunnah ghairu muakkad. Sunnah muakkad merupakan jenis sunnah yang sangat dianjurkan pelaksanaannya, contohnya pelaksanaan sholat tarawih di bulan ramadhan dan sholat ied pada hari raya ied. Atau membaca doa qunut pada pelaksanaan sholat subuh dan membaca tasyahud pertama dalam sholat. Bahkan jika seseorang lupa membaca doa qunut pada saat i’tidal (berdiri setelah bangkit dari rukuk) maka diganti dengan sujud sahwi sebelum salam.

Dalam shalat, adapun macam-macam shalat sunnah muakad adalah sebagai berikut :

  • Shalat sunnah sesudah shalat isyak
  • Shalat sunnah sesudah shalat maghrib
  • Shalat sunnah sesudah shalat dhuhur
  • Shalat sunnah sebelum shalat dhuhur
  • Shalat sunnah sebelum shalat subuh

Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian sunnah muakkad beserta contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian sunnah muakkad dan ghoiru muakkad secara umum ya ! Lihat juga pengertian tabulasi 🙂