PENGERTIAN SUREALISME


  • Pengertian surealisme dalam seni rupa itu apa sih ?
  • Apa itu surealisme ? Apa arti kata surealisme ?
  • Apa yang dimaksud dengan surealisme ?
  • Apa ciri ciri surealisme & sejarah surealisme ?
  • Siapakah tokoh surealisme yang sangat terkenal ?

Pengertian Surealisme


Pengertian Surealisme Menurut Para Ahli

Arti surealisme adalah :

Pengertian surealisme adalah suatu bentuk simbol seni seperti yang diinterpretasikan oleh Freudian (yang berkonsep pada teori Sigmund Freud) dimana terminologi lukisannya mengikuti aliran modern namun dari segi teknik penggambarannya lebih mirip ke aliran naturalis realisme. Surealisme adalah gaya dalam seni rupa yang mempunyai ciri-ciri yang sangat menonjolkan objek secara berlebih-lebihan sehingga menjadi super-realisme Dan bahkan terkadang lukisan surealisme ini lebih banyak membawa kesan horor dan fantasi (impian). (Yoyok & Siswandi : 2006)

Pengertian surealisme adalah suatu aliran dalam suatu karya seni dimana para kaum surealis ini akan selalu berusaha membebaskan dirinya dari kontrol kesadaran dunia layaknya sebebas bebasnya orang yang bermimpi dalam membuat suatu karya.

Definisi surealisme adalah bentuk seni abad ke-20 di mana seorang seniman atau penulis menggabungkan gambar atau peristiwa yang tidak terkait dalam cara yang sangat aneh layaknya mimpi.

Pengertian surealisme figuratif adalah surealisme yang menggunakan berbagai figur yang telah ada sebelumnya seperti manusia, tumbuhan, hewan dan beragam benda yang ada di dunia.


Bagi teman-teman yang menyukai lukisan dan suka melihat pameran lukisan pasti pernah melihat lukisan yang ‘aneh’ dan tidak lazim. Seperti lukisan seekor makhluk di tepi pantai dengan kepala ikan dan kaki manusia, atau lukisan sepasang kekasih dengan muka tertutup kain. Lukisan ini tentu saja tidak dibuat asal-asalan, akan tetapi memiliki makna tertentu. Seperti lukisan karya Rene Magritte yaitu The Lovers 1928 yang bermakna bahwa cinta itu buta dan sangat sulit memahami mengapa dua orang bisa jatuh cinta. Dalam dunia seni lukisan-lukisan seperti ini disebut beraliran surealisme.

Apa itu surealisme? Pada dasarnya super realisme atau yang lebih dikenal dengan sebutan surealisme adalah gerakan budaya untuk mengungkapkan gerakan filosofis yang memiliki unsur kejutan di dalamnya. Unsur kejutan ini dapat kita lihat dari ketidaklazimannya dimana dua atau beberapa hal yang berbeda disatukan.

Gerakan ini muncul sebagai bentuk kekecewaan terhadap perang dunia I dan rasionalitas yang hanya membawa kebinasaan sehingga gerakan ini mengusung ide irasional dan ketidaklaziman dimana seseorang dibebaskan berekspresi dan berkreatifitas melebihi batas logika. Gerakan inilah yang kemudian menjadi salah satu aliran dalam dunia seni baik seni lukis, penulisan, koreografi, dan lain sebagainya.

Karena merupakan hasil dari kreatifitas pembuatnya maka sebuah karya seni yang beraliran surealisme sangat sulit untuk ditafsirkan maknanya, hanya pembuatnyalah yang paling tahu apa yang ia maksudkan dalam karyanya. Aliran surealisme membebaskan pembuatnya mengekspresikan apa yang ada di alam bawah sadarnya sehingga hasil karyanya terkesan tidak beraturan dan dengan alur yang melompat-lompat.

Aliran surealisme sangat terkenal dalam pembuatan karya seni. Ada banyak seniman yang menganut aliran ini dalam setiap karyanya baik seniman dalam maupun luar negeri. Dari luar negeri ada seniman terkenal seperti Salvador Dali, Rene Magritte, Max Ernst, Juan Miro, Yves Tanguy, dan lain sebagainya. Sementara tokoh surealisme Indonesia ada Rosihan Anwar dengan karyanya Radio Masyarakat, sajak-sajak yang diciptakan oleh Sitor Situmorang, Toto Sudarto, Zaki Jubaidi, H.U Mardi Luhung, W. Haryanto, Mashuri, dan Iwan Simatupang dengan cerpennya Lebih Hitam dari Hitam.


Oke itulah penjelasan singkat tentang apa yang dimaksud dengan surealisme yang menjadi salah satu aliran seni rupa. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian surealisme dan tokohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian subjektif dan objektif 🙂