PENGERTIAN SUSPEND


  • Pengertian suspend itu apa sih ?
  • Apa itu suspend ? Apa arti kata suspend ?
  • Apa yang dimaksud dengan suspend di twitter ?
  • Apa arti suspended dalam bahasa Indonesia ?
  • Apa pengertian suspend saham ?

Pengertian Suspend


Pengertian Suspend Menurut Para Ahli

Arti suspend adalah :

Pengertian suspend adalah menghentikan atau mengnonaktifkan sesuatu baik itu bersifat sementara (menunda) ataupun permanen. Sedangkan arti suspended berarti sesuatu hal tersebut telah dihentikan atau dinonaktifkan aktivitasnya.

Definisi suspend adalah suatu kondisi yang bersifat memaksa untuk meninggalkan pekerjaan, posisi, atau tempat untuk jangka waktu yang biasanya relatif singkat sebagai bentuk hukuman.

Pengertian suspend saham adalah penghentian perdagangan saham tertentu secara sementara waktu di dalam Bursa Efek. Suspend dalam pasar modal pada umumnya disebabkan oleh :

  • Terjadi penurunan atau kenaikan harga saham yang sangat signifikan atau adanya pola transaksi yang mencurigakan dan tidak wajar.
  • Emiten dinyatakan pailit & tidak melakukan keterbukaan informasi terkait hal-hal yang material.
  • Laporan keuangan audit perusahaan mendapatkan opini Disclaimer secara 2 kali berturut-turut atau bisa juga memperoleh opini tidak wajar sebanyak satu kali.

Istilah suspend merupakan salah satu istilah baru yang mulai berkembang di masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan perkembangan yang begitu pesat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Beberapa kalimat seputar suspend yang sering diucapkan misalnya, “Wah akun saya ke-suspend nih!” dan “Saham beliau baru di-suspend awal pekan kemarin. Makanya beliau menghadapi banyak tekanan.” Sebenarnya apa arti dari kata suspend itu?

Kata suspend merupakan kata yang terdapat dalam kamus bahasa Inggris. Berbeda dengan kata serapan lainnya, kata suspend cenderung digunakan begitu saja tanpa dialih bahasa-kan ke bahasa Indonesia. Melalui kamus Indonesia-Inggris didapat bahwa istilah suspend dari bahasa Inggris diartikan ke dalam bahasa Indonesia dengan istilah menangguhkan atau menghentikan sementara. Sehingga secara bahasa, kalimat “Wah akun saya ke-suspend nih!” dapat dialih bahasakan kedalam bahasa Indonesia yang lebih baik menjadi “Wah akun saya ditangguhkan nih!”

Sekarang pertanyaannya, kapan istilah suspend ini digunakan? Untuk menjawabnya mari kita perhatikan satu contoh konteks yang paling sering menggunakan istilah suspend, yakni dalam penggunaan akun media sosial.

Dalam hal penggunaan akun media sosial, provider media sosial seperti facebook, twitter, LINE, dll kerap menangguhkan (meng-suspend) akun-akun yang dianggap bermasalah. Sebuah akun dapat dikategorikan bermasalah karena beberapa hal. Diantaranya apabila akun yang dibuat terdeteksi sebagai akun palsu (memalsukan identitas orang lain).

Contoh ini sering kita temukan di media sosial seperti facebook yang berupa akun-akun palsu dengan mengatasnamakan artis-artis papan atas. Apabila penipuan ini terdeteksi oleh facebook (baik karena scanning dari pihak facebook maupun hasil laporan dari user yang lain) maka facebook akan segera menghentikan akun tersebut secara sementara. Apabila pemilik akun dapat membuktikan kepada facebook bahwa akunnya adalah asli (biasanya dengan jalan verifikasi email, nomor telepon, dan pertanyaan keamanan), maka facebook akan mencabut suspend-nya dan akun tersebut dapat aktif kembali seperti biasa.

Selain modus penipuan, akun yang dianggap menghasilkan konten yang tidak pantas (seperti konten pornografi tanpa filter pembaca), menyebarkan spam, dan mengganggu akun lain juga dapat dikategorikan sebagai akun yang bermasalah. Jadi kalau ada akun semacam itu berkeliaran di media sosial Anda, segera laporkan ya! Agar provider media sosial Anda dapat segera men-suspend akun tersebut dan membuat Anda dapat berselancar di dunia maya dengan lebih nyaman.


Itulah penjelasan singkat mengenati arti suspended dalam bahasa Indonesia. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian suspend secara umum ya ! Lihat juga pengertian mushaf dan suhuf 🙂