PENGERTIAN TA’AWUN DAN CONTOHNYA


  • Pengertian ta’awun dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu ta’awun ? Apa arti kata ta’awun ?
  • Apa yang dimaksud dengan ta’awun dalam islam ?
  • Apa contoh ta’awun dalam kehidupan sehari hari ?

Pengertian Ta’awun


Pengertian Ta’awun Menurut Para Ahli

Arti ta’awun adalah :

Pengertian ta’awun adalah suatu kegiatan tolong menolong dalam kebaikan antar sesama umat muslim. Dalam ta’awun, sebaiknya kita tidak mempermasalahkan tentang siapa yang ditolong dan siapa yang menolong serta tidak melihat pangkat, derajat ataupun harta duniawi seseorang. (Ammar : 2009)

Definisi ta’awun adalah tolong menolong yang didasari oleh prinsip saling menjamin, kerjasama dan tidak hanya memikirkan keuntungan bisnis atau keuntungan materi saja.

Pengertian ta’awun adalah saling membantu dalam kebaikan dan juga meninggalkan kemungkaran.


Sebagai manusia kita tidak selalu mengalami kesenangan, ada kalanya kita berada pada masa-masa sulit dan membutuhkan pertolongan dari orang lain. Oleh karena itu dalam hidup ini kita dianjurkan untuk saling tolong-menolong. Siapa yang sedang mendapat kesenangan dan kemudahan sebaiknya menolong orang-orang yang sedang kesulitan karena bisa saja suatu saat kita lah yang berada pada masa sulit tersebut. Inilah yang dinamakan tolong-menolong atau saling membantu sesama manusia.

Tolong menolong merupakan sikap terpuji dan disukai semua orang. Hal ini juga diajarkan dalam agama islam dan dikenal dengan istilah ta’awun.

Pengertian ta’awun dalam Islam adalah saling tolong-menolong dalam kebaikan antar sesama manusia dan terlebih lagi kepada saudara seiman. Karena hubungan sesama muslim itu sangat dekat bahkan lebih dekat dari saudara sedarah. Mereka dipersatukan oleh keyakinan yang sama terhadap Allah sehingga jika yang satu mengalami kesulitan maka yang lain akan segera menolong. Bahkan sesama muslim diibaratkan sebatang tubuh, jika satu bagian tubuh merasa sakit maka bagian tubuh yang lain akan ikut merasakan sakit.

Yang menjadi catatan penting bahwa ta’awun hanya diperbolehkan dalam hal kebaikan dan ketaqwaan kepada Allah. Hal ini ditekankan dalam Alquran surat Al-maidah ayat 2.

Adapun contoh ta’awun dalam kehidupan sehari hari antara lain : membantu menyediakan makanan untuk berbuka puasa, mengajak kepada kebaikan, membantu korban bencana alam, kerja bakti membersihkan selokan, membantu seseorang yang kendaraannya mogok atau bannya kempes di jalan, menjaga kebersihan fasilitas umum dsb.

Sebaliknya islam melarang kaum muslimin untuk saling tolong-menolong dalam keburukan. Seperti memberi contekan kepada teman saat ujian, membelikan teman minuman keras, bekerja sama untuk mencelakai seseorang, dan lain-lain.

Mengapa kita tidak boleh tolong menolong dalam berbuat kejahatan ? Karena hal tersebut akan membuat kita menjadi dalang dari sebuah kejahatan yang pelakunya akan diadili seadil-adilnya di dunia dan akhirat. Dan tentu saja kita akan banyak mendapatkan banyak dosa yang berlipat ganda karena kejahatan tersebut terjadi berkat campur tangan kita, belum lagi kerugian yang tercipta berkat kejahatan tersebut.

Ta’awun sangat dianjurkan karena banyak kebaikan dan hikmah yang terkandung di dalamnya. Dengan suka tolong-menolong maka kita akan memiliki banyak teman, bahkan teman yang menjadi seperti saudara sendiri. Kita juga dapat menjalin kebersamaan dan rasa kekeluargaan dengan banyak orang. Secara pribadi kita juga akan diberi pahala oleh Allah karena telah melakukan kebaikan. Jika sikap ta’awun sudah dilakukan oleh banyak orang maka kehidupan bermasyarakat akan menjadi harmonis dan sejahtera, tidak akan ada lagi orang-orang yang sedang kesulitan yang tidak mendapat bantuan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian ta’awun dan contohnya. Oke mudah-mudahan kalian bisa menjelaskan apa yang dimaksud dengan ta awun dalam Islam secara umum ya ! Lihat juga pengertian ta’aruf dan contohnya 🙂