PENGERTIAN TABLIGH DAN CONTOHNYA


  • Pengertian tabligh dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu tabligh ? Apa arti kata tabligh ?
  • Apa yang dimaksud dengan tabligh akbar ?
  • Apa pengertian tabligh menurut bahasa ?
  • Apa fungsi tabligh / pentingnya tabligh ?

Pengertian Tabligh


Pengertian Tabligh Menurut Para Ahli

Arti tabligh adalah :

Pengertian tabligh adalah suatu upaya untuk merealisasikan misi atau pesan tertentu yang dilakukan dengan metode atau pendekatan tertentu yang juga merupakan salah satu dari sifat Nabi. (Hidayatullah : 2010)

Definisi tabligh adalah mengajak atau menyampaikan sekaligus memberikan suatu contoh kepada orang lain untuk melakukan perbuatan yang benar di dalam kehidupan. Tabligh bisa bersifat komunikatif ataupun argumentatif. (M. Zama’syari : 2010)

Pengertian tabligh akbar adalah perpaduan kata dari 2 kata bahasa Arab yakni “tabligh” yang artinya menyampaikan dan kata “akbar” yang artinya besar. Dengan demikian arti Tabligh akbar adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan sesuatu (ceramah) kepada khalayak ramai atau masyarakat luas. Dalam arti yang sempit, tabligh akbar ini juga diartikan sebagai pengajian.


Agama islam merupakan agama yang sempurna karena berisi pedoman mengenai seluruh aspek kehidupan manusia. Mulai dari masalah akidah hingga masalah fiqh, mulai dari tata cara bersuci sehabis buang air hingga tata cara membagi harta warisan. Agar dapat menjalani kehidupan sesuai tuntunan agama maka kita disuruh untuk mempelajari agama, bisa dengan cara membaca buku, menuntut ilmu kepada guru, atau dengan mendengarkan dan menghadiri tabligh.

Apa itu tabligh? Istilah tabligh berasal dari bahasa Arab yang dalam bahasa Indonesia artinya menyampaikan, yaitu menyampaikan ajaran-ajaran agama Islam berdasarkan Alqur’an dan hadits sebagai pedoman bagi umat islam dalam menjalani kehidupan. Menyampaikan apa saja yang diperintahkan dan dilarang, apa saja yang diperbolehkan dan yang tidak boleh dilakukan.

Tabligh berbentuk kegiatan pidato yang disampaikan satu atau beberapa orang yang memiliki pengetahuan agama yang mendalam kepada khalayak ramai. Orang yang melakukan tablig disebut mubaligh bagi laki-laki dan mubalighah untuk perempuan.

Agar apa yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan menarik minat pendengar maka seorang mubaligh atau mubalighah juga diharapkan untuk memiliki kemampuan komunikasi dan retorika yang baik. Seperti dengan menggunakan bahasa dan istilah yang mudah dipahami, suara yang jelas, tidak terlalu tegang, dan lain sebagainya. Tentu sangat disayangkan jika ajaran agama yang disampaikan tidak dapat dipahami pendengar dengan baik, atau disampaikan terlalu monoton sehingga pendengar kurang tertarik dan kurang bersemangat mendengarkan lebih lama.

Tidak seperti khutbah pada sholat jum’at dan sholat ied yang merupakan bagian dari ibadah, tabligh dapat dilakukan sesuai kreativitas mubaligh. Tidak ada ketentuan mengenai rukun dan tata cara pelaksanaan tabligh seperti pelaksanaan khutbah. Tabligh dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja asalkan pantas.

Ada juga istilah tabligh akbar yang berarti kegiatan menyampaikan ajaran agama islam dengan skala yang besar. Biasanya mengundang mubaligh-mubaligh terkenal dan dihadiri orang dalam jumlah yang besar. Tabligh akbar biasanya dilakukan di lapangan terbuka dan dalam rangka memperingati hari besar tertentu seperti pada peringatan tahun baru islam, peringatan maulid Nabi Muhammad, peringatan isra’ dan mi’raj, dan lain sebagainya.


Oke itulah penjelasan pengertian tabligh secara bahasa dan istilah secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tabligh dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian tabiat 🙂