PENGERTIAN TABULASI


  • Pengertian tabulasi data itu apa sih ?
  • Apa itu tabulasi ? Apa arti kata tabulasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan tabulasi silang ?
  • Apa pengertian tabulasi dalam statistik ?
  • Apa saja macam macam tabulasi data ?

Pengertian Tabulasi


Pengertian Tabulasi Menurut Para Ahli

Arti tabulasi adalah :

Pengertian tabulasi adalah penyusunan data ke dalam bentuk tabel. Tujuan tabulasi adalah agar data bisa mudah disusun, dijumlah, dan mempermudah penataan data untuk disajikan serta dianalisa. Proses pembuatan tabulasi bisa dilakukan dengan metode tally, menggunakan kartu, ataupun menggunakan komputer. (Budiarto : 2002)

Pengertian tabulasi data adalah pembuatan tabel yang berisikan berbagai data yang sudah diberi kode sesuai dengan analisis yang dibutuhkan. Macam macam tabulasi data antara lain (Hasan : 2006) :

  • Tabel analisis yaitu tabel yang berisi informasi yang sudah dianalisa.
  • Tabel pemindahan, yang berfungsi sebagai arsip, yaitu tabel yang digunakan sebagai tempat untuk memindahkan kode dari pencatatan pengamatan atau kuisioner. Tabel ini berfungsi sebagai arsip.
  • Tabel biasa yaitu tabel yang disusun berdasarkan tujuan tertentu dan sifat responden tertentu.

Pengertian tabulasi dalam statistik adalah suatu metode deskripsi umum yang meliputi scoring (memberikan skor) terhadap berbagai item yang perlu diberi skor, memberikan kode terhadap item-item apa saja yang tidak diberi skor, mengubah jenis data dan menyesuaikannya dengan teknik analisa yang dipergunakan serta memberikan cording (kode) jika data tersebut menggunakan komputer. (Arikunto : 1998)

Pengertian tabulasi silang adalah tabulasi yang digunakan untuk melihat hubungan dari dua variabel atau lebih. Tabulasi silang ini menggabungkan distribusi frekuensi dari 2 variabel atau lebih sehingga dapat mencegah penarikan kesimpulan yang gegabah dalam memperkirakan suatu hubungan antar variabel. (Eriyanto : 1999)

Pengertian tabulasi pada microsoft word adalah pengaturan letak posisi kata ketika pengguna komputer menekan tombol Tab pada keyboard.

Pengertian tabulasi gitar adalah bentuk alternatif dari partitur musik yang sifatnya relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan partitur musik pada umumnya. Tabulasi gitar menggambarkan enam buah senar beserta fretnya. Baris paling atas menandakan senar nomor 1 (senar paling bawah pada gitar), dan yang paling bawah menandakan senar nomor 6 (senar paling atas pada gitar).


Bagi teman-teman yang pernah melakukan penelitian atau bekerja di sebuah perusahaan pasti memahami pentingnya data. Seorang mahasiswa yang sedang menulis skripsi akan sangat panik jika komputer atau laptopnya rusak karena takut datanya akan hilang, atau seorang karyawan yang sangat berhati-hati dan rutin membackup data-data perusahaan karena khawatir data akan hilang atau rusak karena virus komputer.

Mengapa demikian? Karena datalah yang akan menjadi bahan untuk menganalisis masalah dalam suatu penelitian atau menjadi bahan pertimbangan petinggi perusahaan dalam mengambil keputusan atau kebijakan.

Untuk memudahkan membaca dan menganalisis data maka dilakukan tabulasi. Definisi tabulasi adalah penyajian data dalam bentuk tabel atau daftar dimana data-data yang dimasukkan hanyalah data-data yang dianggap perlu dan relevan dalam analisis. Dengan menyajikan data dalam bentuk tabel kita akan lebih mudah membaca data, misalnya melihat nilai tertinggi, nilai terendah, nilai rata-rata, dan lain sebagainya. Dari tabel tersebut juga bisa dibuat grafiknya sehingga data tersaji secara visual dan lebih komperehensif sehingga sudut pandang menjadi lebih luas.

Dalam membuat tabulasi kita harus memasukkan data yang perlu dan relevan untuk analisis data. Oleh karena itu seorang mahasiswa atau karyawan juga harus mampu memilah-milah data yang dianggap perlu dan relevan dengan kebutuhannya. Memasukkan data yang tidak perlu dan tidak relevan hanya akan menambah pekerjaan dan menyulitkan analisis data. Misalnya dalam menganalisis pencapaian penjualan di suatu perusahaan, sudah tentu data penjualan per cabang dan data penjualan per sales mutlak diperlukan, namun data seperti gaji dan bonus sales tentu tidak dibutuhkan.

Kegiatan tabulasi meliputi beberapa aktivitas diantaranya scoring atau pemberian skor pada item yang telah ditentukan. Contohnya data survei kepuasan pelanggan terhadap suatu produk, ada pilihan tidak puas, kurang puas, cukup puas, dan sangat puas.

Masing-masing item diberi skor agar nantinya dapat dilihat dan diproses dalam bentuk angka sehingga didapatkan nilai statistiknya seperti rata-rata, nilai tengah, dan lain-lain. Kemudian masing-masing item diberi kode. Kita juga dapat mengubah jenis data jika diperlukan karena penggunaan teknik analisis tertentu. Misalnya dengan mengubah data ordinal menjadi data interval.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tabulasi data dan macamnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tabulasi dalam penelitian secara umum ya ! Lihat juga pengertian sumbangan hadiah dan hibah 🙂