PENGERTIAN TAGIHAN


  • Pengertian tagihan itu apa sih ?
  • Apa itu tagihan ? Apa arti kata tagihan ?
  • Apa yang dimaksud dengan tagihan akseptasi ?
  • Apa pengertian tagihan derivatif ?
  • Apa pengertian tagihan komitmen ?

Pengertian Tagihan


Pengertian Tagihan Menurut Para Ahli

Arti tagihan adalah :

Pengertian tagihan adalah sejumlah kewajiban yang harus dibayarkan oleh pelanggan atas seluruh penggunaan atau pemakaian jasa dan fasilitas tertentu (biasanya dalam kurun waktu 1 bulan), termasuk juga jumlah denda, bunga, biaya administrasi serta biaya lain (apabila ada).


Siapa yang tidak pernah mendapat tagihan? Hampir semua orang pasti pernah menerimanya minimal tagihan listrik setiap bulan. Masih banyak contoh tagihan lain seperti tagihan telepon, tagihan air, tagihan kredit motor, tagihan kartu kredit, dan lain-lain.

Secara umum, pengertian tagihan adalah dokumen yang memuat hak penagih baik berupa uang atau yang lainnya yang harus dilunasi atau dibayarkan oleh pihak tertagih. Tagihan ini timbul atas suatu fasilitas, benda, atau hal lainnya yang dinikmati pihak tertagih. Misalnya tagihan listrik, selama satu bulan kita telah menggunakan listrik untuk keperluan sehari-hari, atas fasilitas tersebut kita diwajibkan membayar sejumlah uang kepada pihak yang telah menyediakan listrik yaitu PLN atau perusahaan listrik negara.

Tagihan berisi rincian fasilitas atau barang yang telah dinikmati pihak tertagih dan besarnya kewajiban yang harus dibayarkan. Seperti pada tagihan telepon yang berisi penggunaan telepon selama sebulan dan besarnya biaya yang harus dibayar, atau tagihan dalam transaksi jual beli yang berisi rincian mengenai daftar barang yang telah dikirim atau diambil pembeli beserta harga yang harus dibayarkan. Sebuah tagihan dapat dijadikan bukti tertulis mengenai kewajiban pihak tertagih kepada pihak penagih.

Dalam bidang akuntansi tagihan disebut juga dengan piutang, yaitu klaim atau pengakuan kepemilikan hak berupa uang, barang, atau jasa oleh seseorang atau suatu perusahaan terhadap pihak lain. Tagihan tidak hanya timbul karena transaksi jual beli baik barang ataupun jasa, tagihan juga bisa timbul karena sebab-sebab lain seperti kewajiban yang dibayar dimuka, hak atau penghasilan yang masih belum diterima, pembayaran uang muka, dan lain-lain.

Tagihan bisa timbul karena kewajiban yang telah dibayarkan dimuka contohnya ketika kita membayar sewa rumah selama 3 bulan dimuka, ini berarti kita memiliki tagihan kepada pihak penyewa berupa fasilitas sewa rumah selama 3 bulan.

Tagihan juga bisa timbul karena adanya hak atau penghasilan yang masih belum diterima, contohnya suatu perusahaan jasa servis telah melaksanakan pekerjaannya namun pihak klien masih belum melunasi pembayaran atas jasa servis yang telah dilakukan.

Pembayaran uang muka untuk pemesanan suatu barang atau jasa juga dapat menimbulkan tagihan. Dengan membayar uang muka ketika melakukan pemesanan barang atau jasa berarti kita memiliki tagihan atau piutang terhadap penjual barang tersebut sampai barangnya kita terima.

Adapun pengertian tagihan lainnya antara lain :

Pengertian tagihan akseptasi adalah tagihan yang muncul dikarenakan akseptasi yang dilakukan terhadap suatu wesel berjangka.

Pengertian tagihan derivatif adalah tagihan yang muncul karena potensi keuntungan dari perjanjian transaksi derivatif tertemtu. Tagihan ini dihitung dari jumlah selisih positif antara nilai perjanjian dengan nilai wajar transaksi derivatif pada saat tanggal laporan.

Pengertian tagihan komitmen adalah tagihan yang tidak bisa dibatalkan secara sepihak dan tagihan tersebut wajib dilaksanakan apabila semua persyaratan yang telah disepakati sebelumnya sudah terpenuhi.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tagihan dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tagihan secara umum ya ! Lihat juga pengertian otot lurik otot polos dan otot jantung 🙂