PENGERTIAN TAHAYUL DAN CONTOHNYA


  • Pengertian tahayul dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu tahayul ? Apa arti kata tahayul ?
  • Apa yang dimaksud dengan tahayul ?
  • Apa contoh takhayul di Indonesia ?
  • Apa macam macam tahayul ?

Pengertian Tahayul


Pengertian Tahayul Menurut Para Ahli

Arti tahayul adalah :

Pengertian tahayul adalah sebuah istilah yang berasal dari kata Tahayalat yang berarti hayalan. Tahayul hanyalah cerita hayalan manusia belaka yang merupakan sesuatu yang tidak nyata (khayali) yang mana cerita-cerita tersebut tidak jelas asal-usulnya. (Mustafa Kamal : 2003)

Definisi tahayul adalah sesuatu yang tidak nyata. (Yusfitriadi : 2007) 

Pengertian tahayul adalah cerita bohong, tidak masuk akal jika dihubungkan dengan aqidah. (Halimun, SH, : 1988)

Pengertian khurafat adalah kepercayaan yang muncul dari cerita pendek yang tidak masuk akal dan sama sekali tidak ada dasar kebenarannya menurut akidah Agama Islam sedangkan pengertian tahayul adalah kepercayaan yang muncul karena suatu khayalan seperti menganggap sesuatu hal mempunyai kekuatan ghaib dsb. (pengertian tahayul dan khurafat menurut Ibnu Salimi : 1981)


Teman-teman pasti pernah mendengar bahwa angka 13 merupakan angka sial. Angka ini dianggap dapat menyebabkan kesialan dan malapetaka bagi orang yang menggunakannya. Setiap ada musibah atau kejadian buruk selalu dikaitkan dengan angka 13, misalnya kejadian itu terjadi pada tanggal 13, korban dalam kejadian ada 13 orang, kejadian itu terjadi di lantai 13, dan lain sebagainya.

Bahkan saking takutnya dengan angka 13 ada sebagian gedung atau bangunan yang tidak memiliki lantai 13 sehingga jika naik lift kita hanya akan menemui lantai 1 sampai lantai 12 dan kemudian lompat ke lantai 14. Bisa jadi karena si pemilik gedung benar-benar mempercayai kesialan angka 13 atau demi menghindari rasa takut orang yang akan mengunjungi dan menggunakan gedung tersebut karena masih percaya dengan kesialan angka 13.

Ini hanya salah satu contoh tahayul, masih banyak contoh takhayul dalam masyarakat lainnya. Apa itu tahayul? Tahayul atau yang dalam kamus besar bahasa Indonesia ditulis takhayul berasal dari bahasa Arab yang berarti mengkhayal, melamun, atau berangan-angan. Secara umum, pengertian tahayul adalah kepercayaan terhadap sesuatu apakah itu benda, angka, kejadian, dan lain sebagainya yang dapat mendatangkan kebaikan atau keburukan dimana hal ini tidak ada dasarnya baik secara ilmu pengetahuan maupun agama.

Setiap benda, angka, kejadian, atau hal lainnya yang dianggap aneh dikaitkan dengan sesuatu yang dapat berakibat baik atau buruk bagi seseorang. Seperti pada contoh di atas dimana belum ditemukan secara ilmu pengetahuan bahwa angka 13 mengandung kesialan, demikian pula dalam ajaran agama seperti agama islam dimana semua angka sama dan tidak ada yang namanya angka sial.

Tahayul ini biasanya masih sangat kental dalam lingkungan masyarakat yang tingkat pendidikannya masih rendah serta logika dan daya kritisnya belum begitu baik, contohnya masyarakat di desa-desa. Padahal jika dikaji secara ilmu pengetahuan dan diukur dengan logika, hal-hal semacam ini tidak dapat diterima dengan akal.

Tidak ada hubungannya dan tidak masuk logika bagaimana sebuah angka dapat menyebabkan kebaikan atau keburukan. Sehingga tahayul tidak berkembang bahkan tidak akan kita temui dalam masyarakat perkotaan yang biasanya memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan lebih logis dalam berpikir.


Itulah pengertian tahayul dan contohnya lengkap. Semoga artikel pengertian tahayul dan contohnya ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian tagihan 🙂