PENGERTIAN TAHTA


  • Pengertian tahta itu apa sih ?
  • Apa itu tahta ? Apa arti kata tahta ?
  • Apa yang dimaksud dengan tahta suci ?

Pengertian Tahta


Pengertian Tahta Menurut Para Ahli

Arti tahta adalah :

Pengertian tahta adalah kekuasaan atau kedudukan yang dimiliki seorang penguasa atau raja.

Definisi tahta adalah tampuk kekuasaan seseorang yang membawahi orang lain. Arti tahta dalam bahasa arab adalah di bawah.


Dalam cerita-cerita zaman dahulu sering kita baca kisah mengenai perebutan takhta yang mengakibatkan kehancuran sebuah negeri. Takhta merupakan hal yang sangat diinginkan semua orang hingga mereka rela melakukan apa saja untuk mendapatkannya.

Istilah takhta secara harfiah berarti singgasana atau tempat duduk resmi seorang penguasa atau raja. Dari segi bentuk takhta seorang raja berbeda dengan kursi-kursi lain. Terletak paling tinggi diantara tempat duduk lain serta dibuat seindah mungkin, terkadang juga dihiasi dengan batu-batu mulia. Dalam sebuah kerajaan takhta sangat diagungkan, tidak ada yang berani duduk di atasnya selain raja sendiri.

Pada zaman sekarang tempat duduk resmi penguasa tidak lagi dibuat seperti takhta raja pada zaman dahulu. Tetap diperlakukan khusus dimana dipilih dari merek berkualitas dan model terbaik serta dipelihara dengan baik, hanya saja tidak sampai dirancang jauh lebih tinggi daripada kursi kebanyakan dan berhiaskan batu mulia.

Tempat duduk penguasa pada zaman sekarang tidak jauh berbeda bentuknya dengan kursi para menterinya. Letaknya pun sejajar dengan para menterinya. Bisa dibayangkan dalam sebuah rapat jika kursi presiden seperti singgasana raja pada zaman dahulu, tentu sangat tidak efektif dimana para menteri akan kesulitan berkomunikasi dengan presiden.

Takhta juga memiliki makna kiasan yaitu kedudukan atau kekuasaan yang dimiliki penguasa atau raja. Seseorang disebut bertakhta ketika ia berkuasa atau memerintah suatu wilayah. Ketika seseorang diangkat menjadi penguasa atau raja maka ia disebut naik takhta. Begitupula ketika orang tersebut meletakan jabatannya sebagai penguasa apakah karena usia, penyakit, atau karena alasan lain maka ia disebut turun takhta.

Dalam lingkungan gereja katolik Roma dikenal istilah takhta apostolik atau takhta suci. Pengertian tahta suci adalah kekuasaan penuh dan tertinggi gereja katolik Roma yang dijalankan oleh dewan uskup dan dikepalai oleh sri paus. Takhta suci bertindak mewakili seluruh gereja katolik dan memiliki kedaulatan serta diakui oleh hukum internasional. Pengertian tahta suci dalam subjek hukum internasional berarti tahta suci merupakan suatu subyek hukum inter­nasional yang mempunyai kedudukan sejajar dengan perwakilan diplomatik di suatu negara.

Dengan demikian negara-negara lain dapat menjalin hubungan diplomatik dengan gereja katolik Roma layaknya membina hubungan diplomatik dengan sebuah negara. Bahkan takhta suci juga menempatkan perwakilan diplomatiknya di berbagai negara di dunia.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian takhta secara umum ya ! Lihat juga pengertian subversi dan intervensi 🙂