PENGERTIAN TAKIKARDIA


  • Pengertian takikardia itu apa sih ?
  • Apa itu takikardia ? Apa arti kata takikardia ?
  • Apa yang dimaksud dengan takikardia ?
  • Takikardia artinya apa sih ?
  • Apa penyebab takikardi jantung ?

Pengertian Takikardia


Pengertian takikardia Menurut Para Ahli

Arti takikardia adalah :

Pengertian takikardia adalah kondisi dimana kecepatan denyut jantung lebih cepat daripada denyut jantung orang normal dalam kondisi beristirahat.

Definisi takikardia adalah kondisi jantung yang berpacu atau berdebar-debar yang dikarenakan kecepatan jantung lebih besar dari 100 denyut/menit.


Ketika kita melakukan aktivitas fisik berat seperti berlari atau ketika kita merasa ketakutan jantung rasanya berdetak lebih cepat dari biasanya. Hal seperti ini wajar terjadi. Akan tetapi perlu diwaspadai jika jantung berdetak lebih cepat sementara kita sedang berada dalam posisi normal atau istirahat. Kondisi seperti ini dalam ilmu kedokteran disebut dengan takikardia. Saat istirahat detak jantung orang dewasa yang sehat adalah 60 hingga 100 kali per menit. Sementara pada penderita takikardia detak jantung lebih dari 100 kali per menit pada saat normal.

Hal ini tentu tidak baik jika sering terjadi karena jantung yang berdetak terlalu cepat tidak akan bekerja dengan optimal. Jantung yang tugasnya memompa darah ke seluruh tubuh tidak akan bekerja efektif sehingga aliran darah ke jantung dan seluruh tubuh akan berkurang. Selain itu hal ini juga menyebabkan pasokan oksigen ke beberapa organ dan jaringan tubuh berkurang sehingga menyebabkan muncul gejala-gejala seperti nyeri di dada, jantung berdebar-debar, kepala terasa ringan, pusing, sesak napas, dan lain sebagainya.

Mengapa bisa terjadi takikardia? Detak jantung manusia dikontrol oleh sinyal listrik yang berasal dari suatu area kecil yang disebut nodus atrioventrikular yang berada di antara ruang atas dan ruang bawah jantung. Takikardia terjadi ketika ada yang mengganggu sinyal elektrik tersebut sehingga irama detak jantung menjadi lebih cepat dari kondisi normal.

Beberapa faktor yang menyebabkan terganggunya sinyal elektrik ini diantaranya hipertiroidisme dimana kelenjar tiroid menjadi overaktif sehingga menghasilkan banyak hormon tiroksin. Kemudian penyebab lainnya adalah merokok, minum minuman keras dan kafein terlalu banyak, jaringan jantung yang telah rusak karena adanya penyakit jantung, latihan fisik berat, tekanan darah tinggi, anemia, efek samping dari pengobatan yang sedang dijalankan, demam, menggunakan narkoba, kelainan jantung dan kelainan jalur elektrik jantung bawaan, kadar elektrolit yang tidak seimbang di dalam tubuh, serta stres yang sifatnya mendadak.

Takikardia dapat menimbulkan komplikasi ketika jantung bekerja sangat keras sehingga otot jantung   mulai kekurangan oksigen. Parah tidaknya komplikasi tergantung dari beberapa faktor seperti jenis takikardia yang terjadi, jumlah detak jantung per menit, dan berapa lama terjadinya takikardia. Komplikasi-komplikasi yang ditimbulkan diantaranya stroke yang terjadi akibat penggumpalan darah, sering pingsan, gagal jantung, serta yang paling parah adalah kematian mendadak.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian takikardia. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian takikardia dan penyebabnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian tahta 🙂