PENGERTIAN TAMAN WISATA ALAM


  • Pengertian taman wisata alam dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa contoh taman wisata alam di Indonesia ?
  • Apa itu taman wisata alam ?
  • Apa yang dimaksud dengan taman wisata alam ?
  • Apa pengertian taman wisata alam laut ?

Pengertian Taman Wisata Alam


Pengertian Taman Wisata Alam Menurut Para Ahli

Arti taman wisata alam adalah :

Pengertian taman wisata alam adalah suatu kawasan pelestarian alam yang digunakan sebagai objek pariwisata dan rekreasi alam yang memanfaatkan berbagai potensi sumber daya alam dan ekosistemnya, baik itu dalam bentuk alami ataupun perpaduan hasil buatan manusia. (Arief : 2001)

Pengertian taman wisata alam laut adalah kawasan pelestarian alam laut yang memiliki ekosistem asli dan dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk ilmu pengetahuan, penelitian, pendidikan, serta menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi. (Matheus : 1996)


Alam beserta isinya merupakan sumber kehidupan manusia. Di sinilah manusia hidup dan mencari penghidupan sehingga menjaga kelestarian alam menjadi keharusan bagi manusia. Namun sayangnya masih ada saja orang-orang tidak bertanggung jawab yang suka seenaknya menguras alam tanpa memperhatikan kelestariannya sehingga alam menjadi rusak. Contohnya penebangan hutan secara membabi buta tanpa upaya pelestarian membuat hutan menjadi rusak sehingga tidak bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya, tanaman dan hewan menjadi punah sehingga mengganggu kelangsungan ekosistem.

Menyadari hal ini pemerintah mulai membuat hutan-hutan konservasi yang tujuan utamanya untuk menjaga kelestarian aneka tumbuhan dan hewan serta kelangsungan ekosistem. Hal ini dituangkan juga dalam bentuk undang-undang nomor 49 tahun 1990 yang mengatur tentang perlindungan sumber daya alam hayati dan kelangsungan ekosistem. Bahkan pelanggaran terhadap undang-undang ini dapat dikenai tuntutan pidana.

Salah satu bentuk hutan konservasi adalah taman wisata alam. Fungsi taman wisata alam adalah sebagai tempat wisata dan rekreasi alam. Di taman ini kita dapat menikmati keindahan alam sekaligus memperluas pengetahuan tentang alam secara langsung. Taman ini juga bisa dijadikan tempat pengembangan ilmu pengetahuan mengenai berbagai jenis hewan dan tumbuhan beserta ekosistemnya. Lalu apa saja contoh taman wisata alam nasional ?

Di Indonesia sudah banyak didirikan taman wisata alam. Mulai dari Aceh hingga papua tersebar sekitar 115 taman wisata alam, contohnya Gunung Gamping di Yogyakarta, Panelokan di Bali, Lembah Harau di Sumatera Barat, Bukit Sari di Jambi, Pulau Weh di Nanggroe Aceh Darussalam, Bukit Kaba di Bengkulu, Angke Kapuk di DKI Jakarta, Telaga Warna di Jawa Barat, Pulau Satonda di Nusa Tenggara Barat, Pulau Riung di Nusa Tenggara Timur, Sungai Liku di Kalimantan Barat, Tirta Rimba Air di Sulawesi Tenggara, Danau Towuti di Sulawesi Selatan, Gunung Api Banda di Maluku, Gunung Meja di Papua Barat, dan masih banyak lagi.

Meskipun dibuka sebagai tempat wisata, para pengunjung taman wisata alam harus menjaga dan menaati prinsip konservasi dan perlindungan alam ketika berwisata. Seperti larangan mengambil atau merusak tumbuhan atau bagian tumbuhan baik dalam keadaan hidup atau mati, larangan menangkap atau membunuh hewan-hewan yang dilindungi, larangan merusak area taman wisata alam, dan lain sebagainya.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian taman wisata alam beserta contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian taman wisata alam dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian taman sekolah 🙂