PENGERTIAN TAMBO DAN CONTOHNYA


  • Pengertian tambo dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu tambo ? Apa arti kata tambo ?
  • Apa yang dimaksud dengan tambo ?
  • Apa perbedaan antara hikayat dan tambo ?
  • Apa pengertian tambo dalam bahasa Indonesia ?

Pengertian Tambo dan Contohnya


Pengertian Tambo Menurut Para Ahli

Arti tambo adalah :

Pengertian tambo dan contohnya – Tambo adalah salah satu bentuk karya sastra lama berbentuk prosa. Berasal dari bahasa Sanskerta yaitu tambe atau tambay yang berarti bermula atau dapat dipahami sebagai asal usul sesuatu. Karena memang tambo berisi sejarah mengenai asal usul sesuatu dan peristiwa-peristiwa di masa lalu yang berhubungan dengan suatu daerah.

Pengertian tambo dalam bahasa Indonesia adalah suatu riwayat kuno atau kisah sejarah suatu daerah yang sering kali dicampurkan dengan dongeng.

Secara umum, pengertian tambo adalah cerita sejarah yang menceritakan kejadian atau asal usul keturunan raja, yang merupakan campuran antara sejarah, fakta, kepercayaan dan mitos. Contoh tambo antara lain : Tambo Bengkahulu, Sejarah Melayu, Tambo Minangkabau, dsb.

Apa perbedaan hikayat dan tambo ? Secara garis besar hikayat dan tambo adalah sama, yang membedakan hanyalah penggunaan istilahnya saja yakni tambo pada umumnya diperuntukkan di tanah Melayu saja.

Salah satu tambo yang cukup terkenal adalah tambo Minangkabau. Jika disebut istilah tambo maka biasanya orang akan langsung mengaitkannya dengan daerah Minangkabau meskipun ada juga tambo dari daerah lain seperti tambo Bengkulu yang berisi sejarah dan adat budaya Bengkulu.

Meskipun tambo Minangkabau menceritakan sejarah Minangkabau yang meliputi asal usul daerah, silsilah para raja, batas-batas wilayah, hingga adat dan budaya, namun tambo ini ditulis dalam bahasa Melayu dan berbentuk prosa. Pada awalnya tambo disampaikan secara lisan turun temurun dari orang tua terdahulu. Baru ditulis setelah masyarakat mulai mengenal tulisan.

Tambo Minangkabau pertama yang dikenal ditulis dalam bentuk tulisan Arab Melayu, beraksara Arab namun berbahasa Melayu. Baru pada awal abad ke-20 tambo ditulis dalam bahasa latin dan isinya mulai dibandingkan dengan fakta sejarah. Tambo Minangkabau yang berhasil ditemukan ada 83 naskah yang menceritakan beragam hal seperti adat, undang-undang, dan lain sebagainya.

Secara garis besar tambo Minangkabau dapat dibedakan kepada dua jenis yaitu tambo adat dan tambo alam. Tambo adat mengisahkan tentang adat, undang-undang, serta sistem pemerintahan di Minangkabau pada masa lalu. Sementara tambo alam mengisahkan asal usul nenek moyang, batas-batas wilayah, serta sejarah kerajaan Minangkabau.

Meskipun tambo menceritakan sejarah namun tidak bisa disamakan dengan sejarah secara ilmu pengetahuan. Karena pada dasarnya tambo adalah karya sastra yang berasal dari warisan lisan turun-temurun sehingga sulit ditelusuri kebenarannya. Ketika diceritakan kembali pun terkadang tambo juga mengalami perubahan yang disesuaikan dengan kesenangan pendengarnya.

Kisah tambo pun tidak disampaikan secara sistematis layaknya fakta sejarah. Ditambah lagi tambo pada umumnya merupakan hasil saduran dimana pengarang tidak menyebutkan sumbernya sehingga terlihat seperti karya aslinya. Sehingga tambo memang lebih cocok dipandang sebagai karya sastra yang dapat diambil hikmah dan pelajarannya dari kisah-kisah yang disampaikan.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tambo beserta contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tambo dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian tulang belakang manusia 🙂