PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL


  • Pengertian tanggung jawab sosial perusahaan (csr) itu apa ?
  • Apa itu tanggung jawab sosial ?
  • Apa pengertian tanggung jawab sosial bisnis ?
  • Apa yang dimaksud tanggung jawab sosial bisnis ?
  • Apa contoh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap alam dan masyarakat ?

Pengertian Tanggung Jawab Sosial


Pengertian Tanggung Jawab Sosial Menurut Para Ahli

Arti tanggung jawab sosial adalah :

Pengertian tanggung jawab sosial adalah suatu bentuk kewajiban organisasi yang tidak hanya menyediakan berbagai kebutuhan barang dan jasa yang baik bagi masyarakat, akan tetapi juga turut serta dalam mempertahankan kualitas lingkungan sosial serta memberikan kontribusi yang positif bagi kesejahteraan komunitasnya. (Januarti & Apriyanti : 2006)

Definisi tanggung jawab sosial adalah cara perusahaan untuk mengatur berbagai proses produksi sehingga berdampak positif pada lingkungan dan komunitasnya. Contoh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap pelanggan antara lain pengembangan komunitas (Community Development). (Baker : 2007)

Tanggung jawab sosial adalah suatu bentuk komitmen perusahaan untuk beroperasi secara etis dan legal sehingga bisa merealisasikan sustainable development. (Mutmainah : 2012)

Pengertian tanggung jawab sosial perusahaan adalah tanggung jawab yang komponen utamanya meliputi : (pengertian tanggung jawab sosial menurut World Bank, Martanti Dwifebri : 2007)

  • Perlindungan lingkungan
  • Perlindungan kesehatan
  • Interaksi serta keteribatan perusahaan dengan masyarakat
  • Bantuan bencana kemanusiaan
  • Hak asasi manusia
  • Standar usaha
  • Pengembangan ekonomi dan badan usaha
  • Jaminan kerja
  • Pengembangan pasar & pendidikan

Kita semua tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah tanggung jawab, yaitu suatu beban yang wajib ditanggung seseorang atau sekelompok orang karena peran, status, sikap, atau hal lain yang dimiliki atau dilakukannya. Misalnya seorang ayah bertanggung jawab memenuhi kebutuhan keluarganya karena perannya sebagai kepala keluarga, atau seorang pencuri yang harus bertanggung jawab secara hukum karena telah melakukan pencurian. Contoh-contoh di atas memperlihatkan tanggung jawab seseorang secara pribadi atas peran atau perbuatannya sendiri.

Selain tanggung jawab pribadi, ada juga tanggung jawab sosial yang diemban seseorang atau sekelompok orang dalam hubungannya dengan masyarakat dan lingkungan sekitar. Tanggung jawab sosial ini muncul sebagai bentuk kepedulian terhadap orang-orang dan lingkungan sekitar setelah tanggung jawab pribadi dipenuhi.

Misalnya seorang mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa diharapkan tidak hanya belajar dan beraktivitas dengan baik untuk menunaikan tanggung jawab pribadinya, namun ia juga diharapkan memiliki rasa tanggung jawab sosial dengan turut serta dalam membangun dan melakukan perubahan ke arah yang lebih baik untuk lingkungannya. Seperti dengan membagi ilmu pengetahuan yang dimilikinya dengan masyarakat sekitar, mahasiswa peternakan dapat memberikan penyuluhan kepada para peternak mengenai cara-cara beternak yang baik, mahasiswa keguruan dapat memberikan kursus gratis kepada anak-anak kurang mampu, dan lain sebagainya.

Tanggung jawab sosial juga dibebankan kepada organisasi atau perusahaan yang dikenal dengan istilah CSR atau Corporate Social Responsibility (tanggung jawab sosial perusahaan). Sebuah perusahaan yang didirikan di suatu daerah sedikit banyak tentu sudah mengambil manfaat dari lingkungan sekitarnya, terlebih lagi perusahaan yang mengolah kekayaan alam suatu daerah, ada dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan.

Sebagai bentuk kepeduliannya setiap perusahaan memiliki tanggung jawab sosial untuk berkontribusi terhadap lingkungan sekitar. Contoh tanggung jawab sosial perusahaan seperti turut melakukan pembangunan-pembangunan fasilitas umum, bantuan untuk kegiatan-kegiatan sosial masyarakat, pemberian beasiswa untuk siswa berprestasi, dan lain sebagainya.

Tidak hanya dalam bentuk tindakan-tindakan sosial, CSR juga berhubungan dengan kebijakan-kebijakan perusahaan yang hendaknya memperhatikan dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan sekitar baik jangka pendek maupun jangka panjang. Seperti penanganan limbah sisa produksi yang harus memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan, jangan sampai penanganan limbah yang tidak tepat menyebabkan kerusakan lingkungan sekitar.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tanggung jawab sosial beserta contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tanggung jawab sosial perusahaan dalam etika bisnis secara umum ya ! Lihat juga pengertian tegas 🙂