PENGERTIAN TAOISME


  • Pengertian taoisme itu apa sih ?
  • Apa itu taoisme ? Apa arti kata taoisme ?
  • Apa yang dimaksud dengan taoisme ?
  • Apa apa yang menjadi inti dari ajaran taoisme ?
  • Taoisme artinya apa sih ?

Pengertian Taoisme


Pengertian Taoisme Menurut Para Ahli

Arti taoisme adalah :

Pengertian taoisme adalah suatu ajaran (aliran filsafat) yang disampaikan oleh Lao Tse pada tahun 550 Sebelum Masehi. Inti ajaran tao adalah selalu berusaha untuk mengikuti kehendak alam, harus bekerja sama dengan alam & jangan melawan alam. Ibaratnya air yang mengalir, ia tidak melawan tapi dapat menghancurkan karang yang keras sekalipun.


Cina terkenal dengan kedalaman ilmunya. Banyak para pemikir dan ilmuan yang lahir dari negeri ini seperti Meng Tse atau Mencius, Lao Tse, Chuang Tzu, Confucius, dan masih banyak lagi. Begitu terkenalnya hingga kita disarankan mencari ilmu hingga ke negeri tirai bambu ini. Salah satu bidang ilmu yang berkembang di negeri ini adalah ilmu filsafat. Ada tiga jenis aliran filsafat yang terkenal ke seluruh dunia hingga zaman sekarang yaitu taoisme, konfusianisme, dan buddhisme.

Secara umum, pengertian taoisme adalah aliran filsafat yang digagas oleh Lao Tse atau Laozi, seorang ahli filsafat terkenal dari Cina. Aliran ini sudah muncul sejak ribuan tahun lalu dan terus berkembang hingga menjadi agama yang disebut dengan agama Tao. Hingga saat ini Tao merupakan salah satu agama yang banyak dianut oleh penduduk Cina selain Budha dan Khonghucu.

Pada dasarnya inti ajaran taoisme ada dua yaitu dao atau jalan dan de atau kebajikan sebagaimana kitab suci ajaran ini yang bernama daodejing. Segala sesuatu yang berada di alam semesta beserta proses kejadiannya disebut dengan dao yang tidak memiliki bentuk dan tidak dapat dilihat. Kemudian dao ini berwujud dalam bentuk benda-benda yang disebut dengan de. Keduanya membentuk ajaran taoisme berupa kealamian dimana manusia dan seluruh makhluk hendaknya hidup selaras dengan alam.

Dalam pola pikir taoisme, setiap manusia memiliki jalannya masing-masing dan hendaknya mereka mengikuti jalan yang telah digariskan, bukan justru menolak atau melawannya. Jika seluruh manusia menerima dan menjalani apa yang telah digariskan maka kehidupan akan berjalan damai. Hal ini dianalogikan dengan air yang bersifat tenang, jernih, lembut, luwes mengikuti aliran air, serta mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya namun memiliki kekuatan untuk menghancurkan batu karang dan menghanyutkan bebukitan.

Di dalam taoisme juga dikenal konsep yin dan yang, yang berarti negatif dan positif. Setiap benda apakah benda hidup atau benda mati memiliki unsur yin dan yang yang saling melengkapi sehingga tercapai keseimbangan. Contohnya saja sebuah magnet yang memiliki unsur positif dan negatif, atau atom yang terdiri dari proton (positif) dan elektron (negatif). Sesuatu tidak dapat menjadi magnet jika hanya memiliki unsur positif atau negatif saja, begitu pula sebuah atom dapat dikatakan stabil jika elektron atau unsur negatifnya tidak mudah lepas atau bertambah.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian kepercayaan taoisme. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian taoisme secara umum ya ! Lihat juga pengertian tata usaha 🙂