PENGERTIAN TATA BOGA


  • Pengertian tata boga secara umum itu apa sih ?
  • Apa itu tata boga ? Apa arti kata tata boga ?
  • Apa yang dimaksud dengan tata boga ?
  • Apa definisi tata boga menurut para ahli ?
  • Apa tujuan tata boga ?

Pengertian Tata Boga


Pengertian Tata Boga Menurut Para Ahli

Arti tata boga adalah :

Pengertian tata boga adalah seni mengolah masakan yang meliputi seluruh ruang lingkup makanan, mulai dari tahap persiapan, pengolahan sampai dengan tahapan menghidangkan makanan, baik itu yang bersifat makanan tradisional ataupun internasional. (Bartono : 2010)

Definisi tata boga adalah kegiatan yang berkaitan dengan cara masak memasak, cara penyajiannya, serta pemahaman yang komprehensif mengenai kandungan gizi / nutrisi yang ada pada setiap masakan. (Setiawan : 2008)


Memasak atau mengolah makanan dan minuman dapat dikatakan keahlian dasar yang harus dimiliki setiap orang. Mengapa demikian? Karena hal tersebut berkaitan dengan makanan yang merupakan kebutuhan dasar manusia sehingga kemampuan mengolah makanan sangat kita perlukan, setidaknya kemampuan-kemampuan dasar seperti menanak nasi, merebus air, atau menggoreng telur.

Mungkin kita bisa saja membelinya namun ada kondisi-kondisi tertentu dimana mau tidak mau kita harus mengolah makanan sendiri, misalnya ketika berada di daerah terpencil, ketika piknik atau mendaki gunung, dalam perjalanan, dan lain sebagainya.

Secara tradisional kemampuan mengolah makanan ini kita pelajari secara otodidak dan turun-temurun dari orangtua atau kakak. Namun kita juga dapat mempelajarinya melalui bangku pendidikan seperti di SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan dan universitas pada jurusan tata boga, kursus memasak, dan lain sebagainya.

Secara umum, pengertian tata boga adalah pengetahuan mengenai cara atau teknik mengolah makanan. Mulai dari mempersiapkan bahan-bahan dan peralatan memasak, mengolah bahan-bahan tersebut, hingga menyajikannya. Di dalam tata boga selain mempelajari masakan tradisional kita juga dapat mempelajari masakan internasional dari berbagai penjuru dunia.

Dalam tata boga ada beberapa prinsip atau teknik dasar pengolahan makanan diantaranya blanching, poaching, boiling, steaming, braising, roasting dan baking, grilling dan broiling, pan frying, sauteing, deep frying, dan lain sebagainya. Walaupun terdengar asing namun pada dasarnya kita sangat mengenal teknik-teknik ini.

Seperti poaching dan boiling yang dalam bahasa Indonesia artinya merebus atau memasak makanan di dalam cairan seperti air dan disertai dengan bumbu-bumbu lain. Poaching dilakukan dengan memanaskan cairan terlebih dahulu hingga mendidih, kemudian api dikecilkan dan bahan makanan dimasukkan. Sementara boiling dilakukan dengan merebus makanan sampai dengan tidik didihnya yang ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung pada cairan.

Ada juga steaming atau mengukus yang dilakukan dengan memanfaatkan uap air panas dalam tempat tertutup untuk memasak makanan. Dengan mengukus makanan yang dihasilkan lebih padat dan lembut serta terjaga volumenya. Jika kita ingin menghilangkan kulit sayuran atau lapisan luar daging dengan tetap mempertahankan cita rasa, nutrisi, dan penampilan makanan kita dapat menggunakan teknik blanching. Teknik ini dilakukan dengan cara merendam sebentar makanan di dalam air mendidih atau air setengah matang. Serta masih banyak teknik-teknik pengolahan makanan lainnya yang dapat dipelajari dalam tata boga.


Oke itulah penjelasan pengertian tata boga secara umum. Semoga artikel pengertian tata boga ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian tanah organik dan anorganik 🙂