PENGERTIAN TATA USAHA


  • Pengertian tata usaha secara umum itu apa sih ?
  • Apa itu tata usaha ? Apa arti kata tata usaha ?
  • Apa yang dimaksud dengan tata usaha negara ?
  • Apa peranan tata usaha & ciri ciri tata usaha ?
  • Apa ruang lingkup tata usaha ?

Pengertian Tata Usaha


Pengertian Tata Usaha Menurut Para Ahli

Arti tata usaha adalah :

Pengertian tata usaha adalah suatu kegiatan pencatatan dan penyusunan berbagai macam keterangan. Tujuannya adalah agar keterangan-keterangan tersebut bisa dipergunakan secara langsung sebagai bahan atau sumber informasi bagi siapa saja yang membutuhkan, khususnya pimpinan organisasi / perusahaan yang bersangkutan. (Saiman : 2002)

Definisi tata usaha adalah serangkaian aktivitas penghimpunan, pencatatan, pengolahan, penggandaan, pengiriman dan penyimpanan berbagai macam keterangan yang dibutuhkan dalam setiap organisasi. (pengertian tata usaha menurut The Liang Gie : 1996)

Pengertian tata usaha adalah kegiatan menghimpun, mengadakan, mencatat, menggandakan, menyimpan serta mengirim berbagai data informasi yang berguna untuk mewujudkan tugas pokok organisasi. (Nawawi & Martini : 1996)


Bagian tata usaha baik di sekolah, kantor, atau instansi lainnya merupakan salah satu bagian yang penting serta cukup sibuk dan paling sering dikunjungi. Mulai dari pendaftaran calon siswa, pengurusan berkas karyawan baru, penerbitan SK, pengurusan ijazah, pengurusan berkas kenaikan jabatan, hingga legalisir ijazah. Bisa dikatakan semua urusan tulis-menulis dan pencatatan data seperti data anggora instansi, keuangan, dan data-data lainnya menjadi tanggung jawab bagian tata usaha.

Meskipun terlihat tidak terlalu signifikan namun bagian tata usaha sangat diperlukan dalam setiap instansi untuk menyediakan data dan keterangan yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan yang penting oleh pimpinan instansi. Kekurangan atau kesalahan data tentu dapat berakibat pada kelirunya keputusan yang diambil.

Secara umum, pengertian tata usaha adalah bagian dari administrasi yang khusus mengurus data mulai dari pengumpulan atau penghimpunan, pencatatan, pengolahan, penggandaan, pengiriman, hingga penyimpanan data. Tata usaha bertanggung jawab mengumpulkan data atau keterangan dari yang belum ada menjadi ada atau dari yang berserakan hingga terkumpul sehingga dapat digunakan ketika dibutuhkan.

Data dan keterangan yang telah terkumpul kemudian dihimpun dan diberikan catatan atau keterangan yang diperlukan untuk memperjelas dan memudahkan orang memahaminya. Kemudian dilakukan pengolahan terhadap data tersebut sehingga dapat disajikan ke dalam bentuk yang lebih berguna seperti dikelompokkan dalam buku-buku khusus, ditampilkan dalam bentuk grafik, dan lain sebagainya.

Data tersebut kemudian dapat diperbanyak sebagai dokumentasi bagi instansi atau untuk diserahkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Bagian tata usaha juga bertanggung jawab dalam hal pengiriman data kepada pihak-pihak yang berhak dan membutuhkan. Dan yang terakhir kegiatan pengarsipan atau penyimpanan data di tempat yang aman. Data atau arsip dikelompokkan dan disusun secara sistematis sehingga dapat dengan mudah diambil kembali ketika dibutuhkan.

Beberapa hal yang menjadi objek kegiatan tata usaha diantaranya administrasi kepegawaian seperti buku induk guru dan pegawai, administrasi ketatausahaan seperti buku agenda mengenai surat masuk dan surat keluar, administrasi keuangan seperti buku kas dan laporan keuangan, administrasi barang seperti buku inventaris barang yang mencatat barang-barang milik instansi, serta administrasi kesiswaan (khusus di sekolah) seperti rekap absensi siswa, rapor, ijazah, dan lain sebagainya.

Pengertian tata usaha negara adalah bagian administrasi Negara yang bertugas melakukan fungsi penyelenggaraan urusan pemerintahan baik di pusat ataupun daerah.

Pengertian tata usaha sekolah adalah bagian dari administrasi dan informasi pendidikan di sekolah yang bertugas untuk menghimpun serta mengelola berbagai informasi sekolah yang berguna sebagai basis pelayanan & bahan pengambilan keputusan sekolah.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tata usaha dan tugasnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tata usaha secara umum ya ! Lihat juga pengertian tata boga 🙂