PENGERTIAN TAX AVOIDANCE


  • Pengertian tax avoidance dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu tax avoidance ? Apa arti kata tax avoidance ?
  • Apa yang dimaksud dengan tax avoidance ?
  • Apa contoh penghindaran pajak tax avoidance ?

Pengertian Tax Avoidance


Pengertian Tax Avoidance Menurut Para Ahli

Arti tax avoidance adalah :

Pengertian tax avoidance adalah upaya untuk meringankan beban pajak namun tidak melanggar Undang-Undang yang ada. (Mardiasmo : 2003)

Definisi tax avoidance adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Wajib Pajak untuk mengurangi atau bahkan menghapus semua utang pajak yang ada dengan suatu cara tertentu yang tidak melanggar Undang Undang perpajakan. (Harry Graham Balter)

Pengertian tax avoidance adalah upaya efisiensi beban pajak yang harus dibayarkan dengan cara menghindari pengenaan pajak lewat berbagai jenis transaksi yang bukan merupakan objek pajak. (Nur : 2010)

Tax avoidance adalah usaha untuk mengurangi, menghindari serta meringankan beban pajak dengan berbagai cara yang dimungkinkan oleh perundang-undangan perpajakan dengan memperhatikan ada atau tidaknya suatu akibat pajak yang ditimbulkannya. (Ernest R. Mortenson dalam Zain : 2008)


Sebagai seorang warga negara yang terikat peraturan dan hukum suatu negara seseorang mau tidak mau harus mematuhi hukum dan peraturan yang ada agar dapat hidup dengan baik dan tenteram. Salah satu aturan yang hampir pasti ada di setiap negara adalah aturan mengenai kewajiban membayar pajak bagi warga negara yang menjadi wajib pajak.

Ada begitu banyak jenis pajak di Indonesia, bisa dikatakan apapun harta yang kita miliki dapat dikenakan pajak. Misalnya penghasilan seseorang dapat dikenai pajak penghasilan, kepemilikan rumah dapat dikenai pajak bumi dan bangunan, kepemilikan kendaraan bermotor dapat dikenai pajak kendaraan bermotor, dan lain sebagainya.

Meskipun dikatakan bahwa penerimaan pajak digunakan untuk kepentingan negara dan masyarakat luas namun masih banyak orang yang enggan membayar pajak. Salah satunya karena manfaat dari pembayaran pajak ini tidak bisa dirasakan langsung oleh orang yang membayar pajak, belum lagi ketika mereka merasa pembangunan masih kurang maksimal serta merajalelanya kasus korupsi yang dilakukan oleh pejabat pemerintah.

Menurut mereka, buat apa membayar pajak jika hanya dinikmati oleh para koruptor. Keengganan membayar pajak ini membuat banyak wajib pajak yang berusaha menghindar dari kewajibannya baik dengan cara yang legal mupun ilegal. Salah satunya dengan melakukan tax avoidance atau penghindaran pajak.

Secara umum, pengertian tax avoidance adalah pengaturan transaksi-transaksi keuangan dengan cara sedemikian rupa yang tujuannya untuk mengurangi jumlah pajak yang harus dibayarkan dengan tetap berdasarkan hukum pajak. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan celah-celah dalam hukum pajak sehingga tidak termasuk perbuatan melanggar hukum. Meskipun demikian tindakan ini tetap tidak dapat diterima karena jelas tujuannya untuk keuntungan pribadi yang mengakibatkan tidak maksimalnya penerimaan pajak bagi negara.

Contoh penghindaran pajak tax avoidance : Di suatu negara ada peraturan pajak yang mengatur bahwa setiap penghasilan warga negara dikenai pajak sekian persen. Pak Ali sebagai wajib pajak berusaha menghindari pajak tersebut dengan cara membuat perjanjian dengan atasannya agar sebagian gajinya diberikan dalam bentuk bantuan pendidikan kepada anaknya. Dengan ini besaran gajinya jadi lebih kecil sehingga jumlah pajak yang harus dibayarkan juga lebih sedikit.


Itulah penjelasan pengertian tax avoidance dan contohnya secara singkat. Nah semoga kalian bisa menjelaskan yang dimaksud dengan perlawanan pajak dengan cara menghindar dari pajak (tax avoidance) ya ! Lihat juga pengertian tanggung jawab sosial perusahaan 🙂