PENGERTIAN TAX TREATY DAN TUJUANNYA


  • Pengertian tax treaty dan tujuannya itu apa sih ?
  • Apa itu tax treaty ? Apa arti kata tax treaty ?
  • Apa yang dimaksud dengan tax treaty ?
  • Kenapa harus ada tax treaty ?
  • Apa manfaat tax treaty ?

Pengertian Tax Treaty


Pengertian Tax Treaty Menurut Para Ahli

Arti tax treaty adalah :

Pengertian tax treaty adalah adalah suatu rekonsiliasi dari dua aturan perundang-undangan pajak yang berbeda yang bertujuan untuk membagi hak pemajakan dan menghindarkan pengenaan pajak berganda yang disebabkan oleh adanya juridical double taxation atau konflik dalam pelaksanaan aturan perpajakan dua negara. (Surahmat : 2000)

Definisi tax treaty adalah perjanjian antara dua negara yang terdiri dari serangkaian aturan dan konsesi yang saling menguntung dalam hal undang-undang perpajakan antar negara tersebut. (Isenbergh : 1997)


Dunia yang semakin terhubung menyebabkan berbagai transaksi keuangan tidak hanya terjadi dalam satu negara namun sudah lintas negara. Misalnya dengan adanya pasar bebas membuat kita dapat lebih mudah mendirikan usaha atau bekerja lintas negara, kita dapat menjadi karyawan perusahaan di negara lain atau sebaliknya warga negara lain yang mendirikan usaha di Indonesia.

Adanya usaha atau pekerjaan ini tentu menimbulkan penghasilan yang dapat dikenai pajak baik di negara kita atau di negara lain. Masalah timbul ketika seseorang bekerja atau mendapat penghasilan dari luar negara asalnya. Di negara asal ia terkena pajak penghasilan, begitu pula di negara lain tempat ia mendapat penghasilan sehingga ia terkena pajak berganda yang tentu saja sangat merugikan dirinya.

Dengan adanya kemungkinan terkena pajak berganda membuat para investor atau pekerja asing enggan bekerja atau menanamkan modal di suatu negara. Hal ini tentu tidak baik bagi perekonomian suatu negara sehingga diperlukan sebuah solusi.

Tidak hanya masalah pajak berganda, dengan adanya transaksi lintas negara memungkinkan seseorang untuk melakukan penghindaran pajak dengan memanfaatkan celah hukum antara dua negara. Untuk mengatasi atau setidaknya meminimalisir pajak berganda dan upaya penghindaran pajak maka dua negara dapat membuat perjanjian pajak atau yang disebut juga dengan tax treaty.

Secara umum, pengertian tax treaty adalah perjanjian yang berisi klausul-klausul yang mengatur perpajakan yang terjadi atas transaksi yang melibatkan penduduk kedua negara. Meskipun merupakan kesepakatan dua negara namun secara umum setiap tax treaty berpatokan pada prinsip-prinsip yang kurang lebih sama yang dipakai secara internasional.

Pada dasarnya ada empat bahasan utama yang terdapat dalam suatu tax treaty yaitu ruang lingkup atau cakupan yang diatur dalam tax treaty, upaya minimalisir pajak berganda, upaya mencegah penghindaran pajak, dan hal-hal lain yang perlu diatur.

Beberapa hal yang termasuk dalam cakupan perjanjian pajak diantaranya personal scope yang mengatur siapa saja yang dapat dikenai aturan-aturan dalam tax treaty, taxes covered yang mengatur jenis-jenis pajak apa saja yang termasuk atau diatur dalam tax treaty, residence atau status kependudukan seseorang yang digunakan untuk menentukan apakah ia terkena tax treaty atau tidak, dan lain sebagainya.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tax treaty dan tujuannya secara umum ya ! Lihat juga pengertian tax avoidance 🙂