PENGERTIAN TEATRIKAL


  • Pengertian teatrikal puisi itu apa sih ?
  • Apa itu teatrikal ? Apa arti kata teatrikal ?
  • Apa yang dimaksud dengan teatrikal ?
  • Apa pengertian teatrikal drama ?

Pengertian Teatrikal


Pengertian Teatrikal Menurut Para Ahli

Arti teatrikal adalah :

Pengertian teatrikal adalah berperilaku atau melakukan sesuatu dengan cara yang dimaksudkan untuk menarik perhatian dan pada umumnya hal tersebut merupakan rekayasa yang tidak asli atau dibuat-buat semata.

Definisi teatrikal adalah kegiatan sandiwara yang dipertontonkan untuk banyak orang yang dimaksudkan untuk menarik perhatian.

Pengertian teatrikal puisi adalah kegiatan membaca naskah puisi dengan gerak dan mimik layaknya bermain peran dalam theater yang dilakukan disebuah pentas panggung yang ditonton oleh orang banyak.

Pengertian teatrikal drama adalah pementasan drama yang disuguhkan untuk orang banyak yang bertujuan sebagai hiburan bagi orang yang menontonnya.


Demonstrasi yang dilakukan untuk menyampaikan aspirasi atau memprotes kebijakan yang dianggap tidak tepat biasanya dilengkapi dengan aksi-aksi teatrikal yang dilakukan para demonstran. Aksi teatrikal ini biasanya merupakan bentuk sindiran terhadap peraturan atau kebijakan yang diberlakukan.

Mungkin sebagian teman-teman masih ada yang belum memahami apa yang dimaksud dengan aksi teatrikal. Jika merujuk pada kamus besar bahasa Indonesia kita tidak akan menemukan kata teatrikal di dalamnya. Teatrikal atau dalam bahasa inggris disebut theatrical artinya segala sesuatu yang berkenaan dengan sandiwara, pementasan drama, atau teater.

Istilah teatrikal biasanya digunakan untuk menyatakan segala sesuatu yang dibawakan dalam bentuk drama atau sandiwara contohnya seperti aksi teatrikal yang merupakan tindakan-tindakan yang ditampilkan dalam bentuk teater atau drama. Untuk mendukung aksi ini biasanya pemain aksi teatrikal akan mengenakan atribut-atribut yang mewakili peran yang dimainkan.

Bahkan tidak jarang penampilan dan aksinya melebih-lebihkan dari yang asli. Seperti aksi teatrikal yang menampilkan seorang laki-laki berpakaian rapi layaknya pejabat akan tetapi memiliki perut yang sangat besar. Untuk memperlihatkan betapa besarnya perut si pejabat bahkan pemain akan menambahkan perut buatan. Hal ini merupakan analogi pejabat yang suka memakan hak rakyat.

Tujuan ditampilkannya aksi teatrikal untuk memberikan penjelasan yang langsung dapat dipahami dan mengena kepada penonton mengenai pesan yang ingin disampaikan. Selain itu aksi teatrikal ditampilkan untuk menarik minat orang sehingga turut memperhatikan apa yang dikemukakan.

Misalnya aksi teatrikal yang memperlihatkan seorang anak yang sibuk bermain game di handphone sehingga tidak memperhatikan keadaan di sekitarnya. Beberapa kali ia menambrak tiang, pot bunga, dan pintu hingga terjatuh. Walaupun demikian ia tetap melanjutkan permainan di handphonenya hingga akhirnya ia tertabrak mobil yang menyebabkan ia meninggal dunia. Dari aksi ini kita disadarkan untuk tidak bermain handphone sambil berjalan atau berkendara di jalan raya yang dapat membahayakan baik diri sendiri maupun oang lain.

Ada juga istilah teatrikalisasi puisi yaitu pementasan teater berdasarkan karya sastra puisi. Puisi yang biasanya hanya dibacakan kini ditampilkan dalam bentuk teater sehingga lebih terasa dan lebih dipahami oleh penonton. Penonton dibawa ikut merasakan isi puisi-puisi tersebut. Untuk mendukung hal tersebut maka akting para pemain dibuat lebih teatrikal dan tata panggung dibuat sedemikian rupa.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian teatrikal. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian drama teatrikal secara umum ya ! Lihat juga pengertian takikardia 🙂