PENGERTIAN TEGAS DAN CONTOHNYA


  • Pengertian tegas dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu tegas ? Apa arti kata tegas ?
  • Apa yang dimaksud dengan tegas ?
  • Apa yang dimaksud dengan tegas dalam bertindak ?
  • Apa ciri ciri orang tegas dalam bertindak ?

Pengertian Tegas


Pengertian Tegas Menurut Para Ahli

Arti tegas adalah :

Pengertian tegas adalah suatu tindakan yang tidak samar-samar, tidak ragu-ragu dan tidak bimbang. (Suharso & Retnoningsih : 2005)

Definisi tegas adalah meminta orang lain untuk melakukan sesuatu hal yang diinginkan atau meminta orang lain untuk berhenti melakukan sesuatu hal yang mengganggu tanpa menyinggung orang lain yang tidak sepaham. (Alberti & Emmons : 1974)


Salah satu sikap yang harus dimiliki seseorang terutama seorang pemimpin adalah sikap tegas. Tegas adalah sesuatu yang tidak lemah lembut (gemulai). Sinonim tegas adalah eksplisit dan gamblang.

Secara umum, pengertian tegas adalah sikap yang berani dan percaya diri mengungkapkan apa yang benar dan apa yang salah, apa yang diinginkan dan yang tidak diinginkan secara jelas, nyata, dan pasti. Jika salah dikatakan salah dan jika benar dikatakan benar tanpa memandang kondisi atau kepada siapa hal tersebut diutarakan.

Meskipun anak atau keluarga sendiri, yang benar tetap benar dan yang salah tetap salah. Atau kepada orang-orang yang lebih tinggi jabatannya, seseorang yang tegas tidak takut menyatakan apa yang menurutnya benar meskipun bertentangan dengan atasannya.

Contoh tegas : Ada aturan dalam rumah tangga bahwa anak harus mengerjakan pekerjaan rumah sebelum diperbolehkan bermain. Seorang ibu yang tegas akan menegakkan peraturan ini dan tidak akan goyah meski si anak membujuk atau merengek-rengek. Lain halnya jika si ibu bukanlah tipe orang yang mampu bersikap tegas, tidak tahan melihat anak yang merengek maka ibu ini akan membiarkan anaknya bermain tanpa mengerjakan pekerjaan rumah terlebih dahulu.

Kebanyakan orang keliru memahami sikap tegas. Tegas diartikan dengan keras, galak, pemarah, dan kasar, padahal sikap tegas tidak selalu ditunjukkan dengan cara-cara seperti itu. Seorang ibu yang lemah lembut pun dapat bersikap tegas kepada anaknya tanpa harus bersikap kasar. Sementara ada juga seseorang yang terlihat keras dan galak namun sama sekali tidak tegas. Kepada bawahan berani berteriak-teriak namun sangat tunduk kepada atasan sehingga apapun perkatan atasan dituruti walaupun bertentangan dengan kebenaran.

Dalam sikap tegas terkandung kejujuran, kepercayaan diri, kelugasan, elegan, serta tanggung jawab. Adapun ciri-ciri orang tegas yaitu bersikap jujur karena ia mau mengungkapkan atau menegakkan kebenaran atau apa yang menurutnya benar walaupun mungkin banyak yang menentang.

Orang yang tegas juga memiliki kepercayaan diri yang tinggi, ia yakin dengan apa yang dipercayainya dan tidak ragu menyampaikannya kepada orang lain. Seseorang yang tegas mampu menyampaikan apa yang menurutnya benar secara jelas, tidak berbelit-belit, dan elegan tanpa perlu marah-marah dan bersikap kasar.

Dan yang tidak kalah penting seseorang yang tegas juga bertanggung jawab dalam setiap perkataan dan tindakannya, jika ternyata apa yang disampaikan atau dilakukannya salah maka ia siap meminta maaf dan bertanggung jawab.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tegas dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tegas dan contoh sikap tegas dalam mengambil keputusan secara umum ya ! Lihat juga pengertian taoisme 🙂