PENGERTIAN TEMA


  • Pengertian tema cerita itu apa sih ?
  • Apa itu tema ? Apa arti kata tema ?
  • Apa yang dimaksud dengan tema ?
  • Apa pengertian tema dalam seni rupa ?
  • Apa pengertian tema seni rupa murni ?

Pengertian Tema


Pengertian Tema Menurut Para Ahli Sastra :

Pengertian tema adalah dasar sebuah cerita atau pandangan hidup yang membangun gagasan utama dalam suatu karya sastra. (Rusyana : 1988)

Definisi tema adalah sesuatu yang menjadi persoalan atau pikiran utama. (Esten : 1990)

Arti tema adalah pokok pikiran. (WJS Poerwadarminta : 1996)

Pengertian tema cerita adalah central idea (ide utama) dan central purpose (tujuan utama) dalam sebuah cerita yang diterangkan dengan cara yang sederhana. (Staton : 1965)

Definisi tema adalah gagasan umum atau dasar cerita dari sebuah novel. (Nurgiyantoro : 2009)


Sebelum kita dapat menulis sebuah cerita, puisi, ataupun lagu, hal yang paling penting harus ditentukan adalah tema atau gagasan utama/pokok yang akan diangkat dalam sebuah karya dan disampaikan kepada pembaca atau pendengar.

Tema ini biasanya tidak ditulis secara eksplisit akan tetapi sifatnya tersirat di dalam sebuah cerita sehingga untuk dapat mengetahui tema sebuah cerita kita harus membaca dan memahami keseluruhan cerita tersebut.

Misalnya novel Bumi Manusia karangan Pramoedya Ananta Toer yang temanya mengenai penderitaan yang dirasakan masyarakat asli Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Bagaimana sulitnya seorang anak pribumi untuk dapat bersekolah dan menikah dengan anak keturunan belanda.

Menurut Shipley ada lima jenis tema yaitu tema tingkat fisik, tema tingkat organik, tema tingkat sosial, tema tingkat egois, dan tema tingkat divine (ketuhanan). Sesuai dengan namanya tema tingkat fisik adalah jenis tema yang berhubungan dengan manusia dari segi fisik. Misalnya seperti tema pada novel-novel Wiro Sableng karya Bastian Tito yang sangat melegenda. Atau cerita Kho Ping Hoo yang dikarang oleh Asmaraman S.

Sementara tema tingkat organik adalah tema yang mengangkat masalah-masalah seksualitas secara eksplisit. Tema-tema seperti ini dapat kita jumpai pada karya-karya Ayu Utami seperti Larung, Bilangan Fu, dan Saman.

Kemudian ada tema tingkat sosial yang merupakan jenis tema yang sering diangkat dalam berbagai buku atau cerita. Jenis tema ini mengangkat konflik-konflik sosial yang terjadi di masyarakat seperti mengenai pendidikan yang terdapat dalam novel fenomenal Laskar Pelangi. Atau novel Ronggeng Dukuh Paruk yang membahas mengenai kehidupan seorang ronggeng dan hubungannya dengan masyarakat di sekitarnya.

Ada juga tema tingkat egois yang mengangkat bagaimana seorang manusia sebagai individu menyikapi masalah-masalah yang timbul. Tema ini berkaitan dengan sikap batin seseorang seperti ego dan harga diri atau martabat. Tema seperti ini dapat kita jumpai dalam novel Perempuan Kembang Jepun yang dikarang oleh Lan Fang.

Dan terakhir ada pula tema tingkat divine yang merupakan tema yang mengangkat masalah filsafat dan religi atau ketuhanan seperti bagaimana hubungan manusia dengan Tuhannya dan pencarian hakikat Tuhan oleh manusia. Contohnya seperti yang terdapat dalam buku Dunia Sophie yang ditulis oleh Jostein Gaarder.

Pengertian tema dalam seni rupa adalah segala macam hal yang mau disampaikan atau dipresentasikan oleh seniman kepada para pengamat seni potensialnya lewat suatu medium karya seni. (Humar Sahman : 1993)

Pengertian tema seni rupa murni adalah seluruh bentuk ide, pokok pikiran atau gagasan yang terdapat di dalam sebuah karya seni baik itu seni rupa tiga dimensi ataupun seni rupa dua dimensi. Contoh tema seni rupa murni adalah sebagai berikut :

  • Hubungan manusia dengan dirinya sendiri.
  • Hubungan manusia dengan imajinasinya.
  • Hubungan manusia dengan manusia lain.
  • Hubungan manusia dengan suatu kegiatan.
  • Hubungan manusia dengan sesuatu objek benda.
  • Hubungan manusia dengan alam sekitar.

Oke itulah penjelasan singkat mengenai pengertian tema dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tema secara umum ya ! Lihat juga pengertian solid 🙂