PENGERTIAN TENAGA KERJA TERDIDIK DAN TERLATIH


  • Pengertian tenaga kerja terdidik dan terlatih itu apa sih ?
  • Apa itu tenaga kerja terdidik ? Apa arti tenaga kerja terlatih ?
  • Apa yang dimaksud dengan tenaga kerja terdidik dan terlatih ?
  • Apa perbedaan tenaga kerja terdidik dan terlatih ?
  • Apa contoh tenaga kerja terdidik dan terlatih ?

Pengertian Tenaga Kerja Terdidik dan Terlatih


Pengertian Tenaga Kerja Terdidik dan Terlatih Menurut Para Ahli

Arti tenaga kerja terdidik dan terlatih adalah :

Pada zaman sekarang pekerjaan merupakan sesuatu yang sangat penting. Selain sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan, pekerjaan seseorang turut menentukan status orang tersebut di masyarakat. Profesi seperti dokter dan pengacara dipandang lebih tinggi dan terhormat daripada kuli panggul atau buruh kasar, terlebih lagi pengangguran yang dianggap sebagai sampah masyarakat.

Untuk dapat melakukan suatu pekerjaan dengan baik tentu dibutuhkan pengetahuan, kemampuan, serta keahlian dalam bidang pekerjaan tersebut. Seperti untuk menjadi dokter seseorang harus menempuh pendidikan jurusan kedokteran di bangku kuliah dan menjalani co ass atau dokter muda, atau untuk menjadi sopir seseorang harus memiliki keahlian dan pengalaman dalam mengendarai mobil.

Berdasarkan pendidikan, kemampuan, atau keahlian seseorang kita dapat mengelompokkan jenis tenaga kerja menjadi tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terlatih, serta tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih.

Pengertian tenaga kerja terdidik adalah jenis tenaga kerja yang melakukan suatu pekerjaan berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya selama menempuh pendidikan baik pendidikan formal maupun non-formal. Contoh tenaga kerja terdidik adalah dokter, pengacara, arsitek, guru, dan lain sebagainya.

Sementara pengertian tenaga kerja terlatih adalah jenis tenaga kerja yang memiliki kemampuan melakukan suatu pekerjaan karena pengalaman dan latihan yang dilakukan terus-menerus. Contoh tenaga kerja terlatih adalah montir, sopir, tukang masak, dan lain sebagainya. Semakin sering berlatih dan semakin banyak pengalamannya maka semakin ahli seseorang dalam suatu bidang pekerjaan.

Apa definisi tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih ?

Pengertian tenaga kerja tidak terdidik adalah jenis tenaga kerja kasar yang cuma mengandalkan tenaga saja. Contoh tenaga kerja tidak terdidik adalah buruh angkut, kuli, dan pembantu rumah tangga.

Pengertian tenaga kerja tidak terlatih adalah jenis tenaga kerja yang bukan termasuk tenaga kerja terdidik dan tenaga kerja terlatih. Tenaga kerja tidak terlatih ini pada umumnya hanya mengenyam pendidikan formal sebentar saja dan tidak mempunyai keahlian khusus karena memang belum ada pengalaman kerja. Contoh tenaga kerja tidak terlatih adalah seorang yang tidak lulus SD yang menjadi tukang sapu jalan, tukang cabut rumput dsb.

Baik tenaga kerja terdidik maupun tenaga kerja terlatih memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tenaga kerja terdidik memang memiliki pengetahuan yang mumpuni mengenai bidang pekerjaannya, namun mereka tidak terbiasa menghadapi dunia kerja yang dinamis. Apa yang terjadi di lapangan tidak selalu sama dengan apa yang ada di atas kertas sehingga tenaga kerja jenis ini cenderung kagok ketika terjun ke dunia kerja. Berbeda halnya dengan tenaga kerja terlatih yang walaupun tidak memiliki pengetahuan mendalam secara teori namun memiliki banyak pengalaman dalam suatu bidang pekerjaan sehingga mereka tidak kagok lagi ketika menghadapi berbagai masalah dalam pekerjaan.

Tentu akan lebih baik lagi jika seseorang memiliki keduanya yaitu pendidikan dan pengalaman. Untuk itu para mahasiswa dapat mencari pengalaman dan melatih keterampilannya dengan kerja magang di perusahaan-perusahaan sehingga ilmu yang dipelajari dapat dipraktekkan dan ketika terjun ke dunia kerja tidak kagok lagi. Apalagi jika pekerjaannya bagus di tempat magang, bisa saja ia ditawari pekerjaan di perusahaan tersebut setelah lulus.


Oke itulah penjelasan tenaga kerja terdidik dan terlatih beserta contohnya secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tenaga kerja terdidik terlatih tidak terdidik dan tidak terlatih secara umum ya ! Lihat juga pengertian tenaga kerja outsourcing 🙂