PENGERTIAN TENDER PROYEK


  • Pengertian tender proyek itu apa sih ?
  • Aapa itu tender proyek ? Apa arti tender dalam bisnis ?
  • Apa pengertian tender dalam perusahaan ?
  • Apa yang dimaksud dengan tender proyek ?
  • Apa pengertian tender offer saham ?

Pengertian Tender


Pengertian Tender Menurut Para Ahli

Arti tender adalah :

Pengertian tender adalah suatu rangkaian kegiatan penawaran yang bertujuan untuk menyeleksi, mendapatkan, menetapkan serta menunjuk perusahaan mana yang paling pantas dan layak untuk mengerjakan suatu paket pekerjaan. (Alfian Malik : 2010)

Definisi tender adalah suatu hal yang berkaitan dengan kegiatan memborong pekerjaan atau menyuruh pihak lain untuk memborong ataupun mengerjakan sebagian ataupun seluruh pekerjaan sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat. Secara umum, tender meliputi tawaran pengajuan harga untuk : 1) Memborong atau melaksanakan suatu pekerjaan, 2) Menjual barang atau jasa, 3) Membeli barang atau jasa dan 4) Mengadakan barang atau jasa. (Sudarsono, Kamus Hukum : 2007)

Pengertian tender proyek adalah suatu kontrak bisnis oleh supplier atau kontraktor untuk memborong (memasok) barang atau jasa tertentu yang biasanya dilakukan lewat mekanisme open bid tender (yaitu penawaran dimana peserta tender bisa bersaing dalam menurunkan harga) dan sealed bid tender (penawaran bermaterai yang mana peserta tidak bisa menurunkan harga). (Guritno, Kamus Ekonomi Bisnis Perbankan Inggris – Indonesia : 1994)

Pengertian tender offer saham adalah suatu bentuk penawaran untuk membeli saham suatu perseroan di atas harga pasar saham dengan cara pembayaran tunai, sekuritas, ataupun keduanya yang tujuannya adalah untuk memikat para pemilik saham supaya mau menjual sahamnya.


Seperti manusia yang saling membutuhkan satu sama lain, sebuah perusahaan atau instansi juga tidak dapat berdiri sendiri. Ia membutuhkan perusahaan-perusahaan lain untuk menunjang kelancaran bisnisnya. Contohnya saja instansi pemerintah seperti dinas olahraga yang mengurusi kegiatan-kegiatan olahraga di suatu daerah.

Ketika dinas ini akan mengadakan suatu kegiatan dan membutuhkan baju seragam olahraga dalam jumlah besar ia membutuhkan perusahaan konveksi untuk mengerjakan pekerjaan ini. Mengapa demikian? Karena pekerjaan ini tentu tidak dapat dilakukan oleh pegawai pada dinas tersebut karena memang bukan keahlian mereka. Untuk itu dilakukan tender proyek untuk menyeleksi dan memilih perusahaan konveksi yang akan melakukan pekerjaan tersebut.

Pengertian tender proyek adalah penawaran suatu pekerjaan kepada perusahaan atau badan usaha lain yang berkompetensi untuk mengerjakannya guna mendapatkan satu badan usaha yang dianggap paling tepat sebagai kontraktor proyek tersebut. Pihak-pihak yang merasa mampu dapat memasukkan penawaran terbaiknya kepada perusahaan pembuat tender untuk kemudian diseleksi dan dipilih pemenangnya yang akan melaksanakan pekerjaan tersebut. Contoh pekerjaan-pekerjaan yang ditenderkan seperti pengerjaan proyek-proyek konstruksi, pengadaan barang dan jasa, dan lain sebagainya.

Saat ini tender dapat kita sebut dengan lelang pekerjaan. Namun perlu kita garis bawahi bahwa sejatinya pengertian tender dan lelang adalah berbeda. Lalu apa perbedaan tender dan lelang? Perbedaannya terletak pada tujuannya dimana tujuan utama lelang adalah untuk menjual sesuatu sedangkan tender bertujuan untuk mengadakan atau membeli sesuatu.

Secara umum tender dimulai dengan tahap prakualifikasi yang meliputi identifikasi kemampuan bakal calon kontraktor dan ruang lingkup pekerjaan yang ditenderkan. Kemudian tender siap untuk diumumkan melalui berbagai media massa seperti koran, majalah, televisi, radio, atau internet. Setelah itu diadakan rapat atau pertemuan antara calon-calon kontraktor yang telah lulus prakualifikasi dan berminat terhadap pekerjaan yang ditenderkan dengan pihak pembuat tender.

Pada pertemuan ini dibicarakan penjelasan seputar pekerjaan yang akan dilakukan meliputi masalah administrasi dan masalah teknis. Pertemuan ini dapat diadakan kembali jika dirasa penjelasan pekerjaan pada pertemuan sebelumnya masih kurang. Kemudian barulah tender resmi dibuka dan para calon kontraktor dapat memasukkan proposalnya.

Proposal-proposal yang masuk kemudian akan diseleksi untuk menentukan mana yang paling tepat untuk mengerjakan proyek tersebut. Penyeleksian ini dilakukan dari berbagai sisi seperti reputasi calon kontraktor, harga yang ditawarkan, dan lain sebagainya. Setelah melalui proses seleksi dan evaluasi barulah ditetapkan dan diumumkan siapa calon kontraktor yang mendapatkan pekerjaan tersebut.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tender proyek. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tender dalam perusahaan secara umum ya ! Lihat juga pengertian tenaga kerja terdidik dan terlatih 🙂