PENGERTIAN TENGKULAK


  • Pengertian tengkulak itu apa sih ?
  • Apa itu tengkulak ? Apa arti kata tengkulak ?
  • Apa yang dimaksud dengan tengkulak ?

Pengertian Tengkulak


Pengertian Tengkulak Menurut Para Ahli

Arti tengkulak adalah :

Pengertian tengkulak adalah pedagang yang berperan sebagai pengepul sekaligus pemasar yang membeli komoditas dari petani dan peternak dengan harga yang cukup murah bahkan sangat jauh dibawah harga pasaran.

Definisi tengkulak adalah orang yang bertugas sebagai pembeli, pendistribusi sekaligus pedagang hasil pertanian dan hasil bumi lainnya dengan cara datang ke daerah penghasil untuk mengumpulkan barang-barang tersebut. Bahkan hasil bumi dari petani lokal tersebut bisa dijualnya di pasar internasional atau dijual ke perusahaan eksportir dengan harga yang berkali-kali lipat.


Pada umumnya kita sering menyamakan istilah rentenir dengan tengkulak padahal menurut kamus besar bahasa Indonesia keduanya memiliki arti yang sedikit berbeda. Walaupun pada dasarnya sama-sama merugikan rakyat kecil.

Rentenir beroperasi pada bidang peminjaman uang dengan mengambil bunga yang sangat tinggi sementara tengkulak merupakan orang yang membeli hasil bumi seperti hasil pertanian, perikanan, dan peternakan secara langsung ke petani, peternak, atau nelayan dalam hal ini pemilik pertama yang kemudian menjual dan mendistribusikannya kembali ke pasaran.

Rentenir juga dapat berperan sebagai tengkulak dimana ia membeli hasil bumi secara langsung ke petani dengan harga rendah sebagai bentuk pembayaran atas pinjaman modal yang dilakukan petani pada saat mulai menanam.

Biasanya para petani menjual hasil buminya kepada tengkulak dengan harga yang sangat rendah, jauh di bawah harga pasaran dan nantinya tengkulak dapat menjualnya kembali ke pedagang eceran dengan harga yang jauh lebih tinggi. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi tengkulak akan tetapi sangat merugikan petani.

Akan tetapi para petani, apalagi yang berada jauh di pelosok daerah tidak mempunyai pilihan lain karena akses yang sangat sulit ke tempat-tempat pemasaran ditambah lagi pengetahuan mereka yang kurang mengenai cara memasarkan produk. Apalagi hasil pertanian merupakan produk yang mudah rusak sehingga menjualnya kepada tengkulak merupakan satu-satunya pilihan.

Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan terjadi terus menerus. Harus ada peran serta pemerintah untuk mengatasinya diantaranya dengan menciptakan lembaga yang dapat diakses dengan mudah oleh para petani di pelosok yang dapat membeli hasil bumi dengan harga yang pantas. Kemudian dengan mendirikan dan menjalankan koperasi yang dapat memberikan pinjaman modal kepada para petani, peternak, atau nelayan yang sifatnya bagi hasil sehingga tidak menyulitkan mereka dalam proses pengembalian pinjaman.

Ada juga alternatif untuk memberdayakan para tengkulak. Para tengkulak yang selama ini sudah bergaul dan bekerjasama dengan para petani dibiarkan tetap dengan usahanya akan tetapi diberi rambu-rambu yang jelas dan diawasi dengan ketat sehingga tidak semena-mena dalam menetapkan harga. Hal ini menjadi alternatif karena tengkulak memiliki peran cukup besar dalam membantu permodalan petani dan menampung hasil panen sehingga tinggal dilanjutkan dengan beberapa perbaikan.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian kata tengkulak. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian pedagang tengkulak dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian teatrikal 🙂