PENGERTIAN TEPUNG MAIZENA


  • Pengertian tepung maizena itu apa sih ?
  • Apa itu tepung maizena ? Tepung maizena terbuat dari apa ?
  • Apa yang dimaksud dengan tepung maizena ?
  • Apa kegunaan tepung maizena pada gorengan ?
  • Bagaimana cara membuat tepung maizena ?

Pengertian Tepung Maizena


Pengertian Tepung Maizena Menurut Para Ahli

Arti tepung maizena adalah :

Bagi teman-teman yang sedang belajar membuat kue pasti suka dipusingkan dengan banyaknya jenis tepung mulai dari tepung terigu, tepung tapioka, tepung sagu, tepung maizena, dan masih banyak lagi.

Pengertian tepung maizena adalah tepung yang dihasilkan dari pengolahan biji jagung sehingga mengandung pati atau karbohidrat kompleks dari endosperma biji jagung. Sebenarnya nama maizena sendiri adalah merek produk tepung jagung dari Mexico, namun orang Indonesia terlanjur menyebut tepung jagung dengan nama tepung maizena walaupun ada merek-merek tepung jagung yang lain. Merk tepung maizena atau tepung jagung lainnya yaitu : Maizenaku, Wysmand Maizena, Royal Holland Maizena, Haan Maizena dsb. Tepung ini dikenal bebas gluten sehingga aman dikonsumsi oleh penderita penyakit celiac dan penyakit penyimpanan glikogen.

Apa kegunaan tepung maizena ? Kebanyakan orang mungkin hanya mengetahui bahwa tepung maizena digunakan sebagai pengental agar makanan yang teksturnya cair atau berkuah seperti sup dan saus menjadi lebih kental (pengganti tepung maizena sebagai pengental bisa menggunakan tepung beras ataupun tepung terigu). Padahal masih banyak lagi kegunaan dari tepung ini. Bahkan sejak zaman dahulu sekitar sebelum tahun 1850 tepung ini sudah banyak dimanfaatkan dalam proses industri dan untuk mencuci pakaian.

Diantara kegunaan tepung ini adalah ia dapat dijadikan bahan dalam pembuatan biskuit, kue kering, makanan bayi, roti, dan lain sebagainya. Kegunaan tepung maizena pada gorengan adalah untuk membuat tekstur yang crispy. Selain itu tepung ini juga dapat diolah menjadi sirup jagung atau pemanis jenis lain. Jika dicampurkan dalam suatu adonan, tepung ini dapat membantu membentuk adonan tersebut dengan cara mencapur tepung dengan air dingin.

Tidak ketinggalan tepung maizena ini juga dapat diolah menjadi bioplastik yang lebih ramah lingkungan dan sebagai bahan anti lengket untuk produk-produk kesehatan yang terbuat dari bahan karet alami seperti kondom dan sarung tangan medis.

Nah setelah kita mengetahui pengertian tepung maizena serta berbagai kegunaan dan manfaat dari tepung maizena tersebut, ada baiknya kita mengetahui pula bagaimana cara pembuatannya.

Cara membuat tepung maizena dimulai dengan merendam jagung sebagai bahan dasarnya dengan air hangat sekitar dua hari (30 sampai 48 jam) sehingga jagung tersebut terfermentasi sedikit. Setelah itu inti biji jagung dipisahkan dari rendaman dan diambil endospermanya untuk dilarutkan dalam air untuk mendapatkan pati jagung. Pati ini masih tercampur dengan bahan-bahan lain sehingga dilakukan proses sentrifugasi untuk mendapatkan pati murni. Pati murni ini kemudian dikeringkan sehingga menjadi tepung maizena. Produk sisa dari pemrosesan ini juga dapat dimanfaatkan kembali yaitu sebagai bahan baku minyak jagung, pakan ternak, dan lain sebagainya.


Oke itulah penjelasan singkat tentang definisi tepung maizena & bagaimana cara membuat tepung maizena. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tepung maizena secara umum ya ! Lihat juga pengertian tender proyek 🙂