PENGERTIAN TEPUNG PANIR


  • Pengertian tepung panir itu apa sih ?
  • Apa itu tepung panir ? Apa arti tepung panir ?
  • Apa yang dimaksud dengan tepung panir ?
  • Apa kegunaan tepung panir / fungsi tepung panir ?

Pengertian Tepung Panir


Pengertian Tepung Panir Menurut Para Ahli

Arti tepung panir adalah :

Siapa yang tidak tahu dengan camilan seperti kroket, risoles, bitterballen, katsu, nugget, atau tempura? Renyah di bagian luar dan diisi dengan beragam isian yang lezat di bagian dalam seperti campuran sayuran dan daging. Kali ini kita tidak akan membahas mengenai makanan-makanan tersebut namun mengenai apa yang membuat makanan tersebut renyah dan bertekstur agak kasar di bagian luar. Ya kali ini kita akan membahas mengenai tepung panir atau yang dikenal juga dengan tepung roti (breadcrumbs).

Pengertian tepung panir adalah tepung yang terbuat dari proses penumbukan atau penggilingan roti tawar yang telah dikeringkan menjadi butiran halus seperti tepung meskipun teksturnya jauh lebih kasar daripada tepung pada umumnya.

Tepung panir diaplikasikan dengan cara dibalurkan pada bagian luar makanan. Kemudian langsung dimasukkan ke dalam minyak yang sudah panas. Dengan menggunakan tepung panir kita tidak perlu menggoreng makanan dalam waktu yang lama karena makanan menjadi lebih cepat matang. Hasilnya pun lebih cantik daripada makanan yang tidak diberi tepung panir karena makanan memiliki tekstur kasar di bagian luarnya. Makanan juga terasa kering, renyah dan tidak berminyak.

Di pasaran kita akan menemukan beragam varian tepung panir dalam berbagai warna dan ukuran sehingga konsumen memiliki lebih banyak pilihan. Ada ukuran kecil, sedang, dan besar. Harga tepung panir berkisar mulai dari 30ribu s/d 50ribu per kilonya. Tepung panir ukuran kecil biasanya digunakan untuk melapisi makanan yang berukuran kecil pula seperti bitterballen dan risoles. Tepung panir ukuran sedang lebih banyak digunakan untuk melapisi makanan seperti nugget ayam dan onion ring. Sementara tepung panir ukuran besar banyak diaplikasikan pada makanan seperti udang, daging ayam, dan ikan.

Berdasarkan warna, bentuk, dan rasa ada beberapa jenis tepung panir yaitu tepung roti putih basah, tepung roti putih kering, tepung roti coklat kering, dan tepung panko. Tepung roti putih basah dibuat dari roti putih yang masih basah dan kemudian disobek dan dihaluskan dengan food processor.

Sementara tepung roti putih kering dibuat dari roti putih yang sudah dikeringkan terlebih dahulu, baik dengan cara dijemur di bawah sinar matahari atau menggunakan oven. Dikeringkan namun tidak sampai berwarna kecoklatan dan kemudian baru dihaluskan.

Tepung roti coklat kering juga terbuat dari roti putih yang dikeringkan namun dengan suhu yang lebih tinggi hingga roti berwarna kecoklatan dan kemudian dihaluskan. Dan terakhir tepung panko yang memiliki tekstur jauh lebih kasar daripada tepung panir pada umumnya. Biasanya tepung ini diaplikasikan pada makanan-makanan jepang seperti katsu dan tempura.


Nah itulah penjelasan singkat tentang definisi tepung panir. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tepung panir & kegunaan tepung panir secara umum ya ! Lihat juga pengertian tepung maizena 🙂