PENGERTIAN TEPUNG SAGU


  • Pengertian tepung sagu tani itu apa sih ?
  • Apa itu tepung sagu aren ?
  • Apa yang dimaksud dengan tepung sagu ?
  • Apa manfaat tepung sagu / kegunaan tepung sagu ?
  • Bagaimana cara membuat tepung sagu ?

Pengertian Tepung Sagu


Pengertian Tepung Sagu Menurut Para Ahli

Arti tepung sagu adalah :

Salah satu buah tangan yang terkenal dari daerah Ambon adalah kue bagea, kue kering khas tradisional Maluku yang diolah dari tepung sagu. Sesuai namanya, pengertian tepung sagu adalah tepung yang dihasilkan dari pengolahan pohon sagu. Perlu diketahui bahwa tepung sagu berbeda dengan tepung sagu tani. Pengertian tepung sagu tani adalah jenis tepung sagu yang terbuat dari bahan saripati singkong pilihan. Harga tepung sagu sekitar 25ribu s/d 40ribu perkilonya. Sedangkan harga sagu tani 1 kg sekita 15ribuan saja.

Tepung sagu memiliki tekstur cukup lembut, berwarna putih agak pucat, ketika dipegang terasa kesat dan agak berpasir, serta setelah dimasak akan mengental seperti lem. Tepung sagu ini biasanya digunakan untuk memasak makanan seperti bubur sagu, nasi sagu, kue bika ambon, pempek, kue sagu keju, dan masih banyak lagi.

Karena berbahan dasar sagu maka tepung ini mengandung pati atau karbohidrat sehingga dapat menggantikan fungsi nasi sebagai makanan pokok. Di dalam tepung sagu juga terkandung zat gizi lainnya selain karbohidrat namun dalam jumlah yang sangat kecil. Sama seperti tepung maizena, tepung ini juga bebas gluten. Tepung ini lebih banyak tersedia di bagian timur Indonesia sehingga agak sulit ditemukan dan digantikan penggunaannya dengan tepung tapioka yang terbuat dari singkong karena memiliki kesamaan karakteristik namun tepung ini lebih kering.

Bagaimana cara membuat tepung sagu ? Tepung ini diolah dengan cara mengeruk bagian tengah pohon sagu. Kemudian hasil kerukan dicampurkan dengan air dan didiamkan sementara waktu hingga mengendap. Hasil endapannya ini dikeringkan dan dihaluskan, atau bisa juga dibentuk menjadi lempengan yang disebut keping sagu yang banyak digunakan sebagai makanan pokok masyarakat wilayah timur. Biasanya keping sagu diolah menjadi bubur atau dimakan langsung dengan ditemani minuman seperti teh atau kopi.

Sebagian ibu-ibu mungkin suka menyimpan stok tepung ini di dapur. Agar tepung sagu tahan lama dan tidak mudah apak sebaiknya tepung dikeluarkan dari bungkusnya dan disangrai terlebih dahulu hingga kering, baru kemudian disimpan dalam wadah anti bakteri. Dalam mengolah tepung ini menjadi makanan perlu diketahui trik-triknya. Jika diolah menjadi kue kering sebaiknya tepung sagu ini disangrai terlebih dahulu dengan daun pandan hingga daunnya kering. Sementara jika diolah menjadi kue basah maka tepung ini sebaiknya dicampurkan dahulu dengan bahan-bahan kering, baru setelah itu diuleni dengan bahan-bahan basah. Jika tepung ini hanya digunakan sebagai bahan tambahan, cukup dimasukkan atau ditambahkan di bagian akhir mengadon.


Itulah penjelasan singkat tentang definisi tepung sagu & kegunaan tepung sagu untuk makanan. Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tepung sagu tani & manfaat tepung sagu secara umum ya ! Lihat juga pengertian tepung panir 🙂