PENGERTIAN TERMINOLOGI


  • Pengertian terminologi hukum itu apa sih ?
  • Apa itu terminologi medis ? Apa arti kata terminologi ?
  • Apa yang dimaksud dengan terminologi jaringan ?
  • Apa arti terminologi dan etimologi ?
  • Apa contoh terminologi ?

Pengertian Terminologi


Pengertian Terminologi Menurut Para Ahli

Arti terminologi adalah :

 Pengertian terminologi adalah suatu upaya untuk menjelaskan pengertian dari suatu istilah, kemudian memperjelasnya sehingga tidak melenceng dari pengertian yang sebenarnya.

Pengertian terminologi medis / terminologi kedokteran adalah ilmu tentang bahasa medis yang digunakan oleh orang-orang yang berperan secara langsung ataupun tidak langsung dibidang pelayanan kesehatan atau pelayanan medis yang bertujuan sebagai sarana komunikasi bagi para penggunanya. Terminologi medis tersebut haruslah sesuai dengan istilah yang sedang digunakan dalam sistem klasifikasi penyakit. (Hatta : 2010)

Pengertian terminologi jaringan adalah pembangunan sebuah jaringan komputer yang sifatnya tergantung pada kondisi serta kebutuhan masing-masing individu. (Utomo : 2006)

Pengertian terminologi hukum adalah artian hukum dalam konteks yang sempit dan luas (menyeluruh).


Ketika kita membaca buku atau berbicara dengan orang lain kita akan mendapati istilah-istilah yang bisa jadi baru kita dengar dan belum kita pahami maksudnya. Untuk memahaminya kita bisa bertanya kepada orang yang sekiranya tahu atau mencari tahu dari berbagai sumber. Setiap kita mencari arti sebuah istilah biasanya kita akan diberikan dua penjelasan, satu arti istilah tersebut secara etimologi atau sumber bahasa dan satu lagi secara terminologi. Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai apa itu terminologi.

Terminologi disebut juga peristilahan, yaitu bidang ilmu yang mengkaji mengenai pengertian atau definsi suatu istilah dan penggunaannya. Secara sederhana, pengertian terminologi adalah suatu penjelasan tentang apa maksud yang sebenarnya dari suatu istilah.

Misalnya istilah ijtihad, secara bahasa atau etimologi istilah ini berarti kesusahan atau kesulitan dan kemampuan atau kesanggupan. Ini tentu belum memberikan pemahaman yang jelas kepada kita mengenai maksud istilah tersebut. Untuk memahaminya kita perlu melihat arti istilah tersebut secara terminologi, yaitu bersungguh-sungguh menggunakan seluruh kemampuan yang dimiliki untuk melakukan sesuatu yang sulit. Seperti ijtihad yang dilakukan para ulama untuk menentukan hukum suatu perbuatan atau masalah yang tidak dijelaskan secara gamblang dalam Alquran dan Hadits.

Dapat kita lihat terminologi suatu istilah berhubungan dengan konteks dimana istilah tersebut digunakan. Seperti istilah ijtihad di atas yang didefinisikan dalam ruang lingkup penentuan hukum suatu masalah di dalam agama Islam. Atau istilah fiqh yang secara etimologi berarti pengetahuan atau pemahaman. Sementara secara terminologi istilah ini dipahami sebagai bidang ilmu dalam agama islam yang mempelajari mengenai hukum-hukum atau peraturan dalam ajaran islam.

Di dalam terminologi kita akan mempelajari mengenai pembentukan suatu istilah dan kaitannya dengan budaya tertentu. Ada dua jenis istilah yaitu istilah khusus dan istilah umum.

Istilah khusus merupakan istilah yang digunakan dalam bidang-bidang tertentu dan dipahami dengan maksud yang sama di seluruh dunia, seperti istilah-istilah dalam bidang kedokteran, ekonomi, atau hukum. Namun ada pula istilah-istilah umum yang memiliki maksud berbeda tergantung konteks kalimat atau budaya dimana istilah tersebut digunakan. Seperti istilah terima kasih yang bisa berarti ucapan terima kasih atas pemberian seseorang atau digunakan sebagai penolakan dengan sopan atas suatu pemberian.


Oke itulah penjelasan pengertian terminologi dan contohnya secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian terminologi secara umum ya ! Lihat juga pengertian tepung sagu 🙂