PENGERTIAN TERMONASTI DAN CONTOHNYA


  • Pengertian gerak termonasti dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu termonasti ? Apa arti kata termonasti ?
  • Apa yang dimaksud dengan gerak termonasti ?
  • Apa contoh gerak termonasti pada tumbuhan ?

Pengertian Gerak Termonasti


Pengertian Termonasti Menurut Para Ahli

Arti termonasti adalah :

Mungkin selama ini kita berpikir bahwa tumbuhan tidak dapat bergerak, ia hanya diam menetap di suatu tempat dan tidak pergi kemana-mana, berbeda dengan hewan dan manusia yang bebas bergerak. Padahal ketiganya sama-sama makhluk hidup dan salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak.

Sebenarnya tumbuhan juga bergerak namun gerakannya berbeda dengan hewan dan manusia. Jika hewan dan manusia dapat bergerak dan berpindah tempat, tumbuhan tidak dapat berpindah tempat. Hanya bagian-bagian tertentu pada tumbuhan yang bergerak karena ada rangsangan baik dari dalam atau dari luar.

Selain itu kebanyakan gerakan tumbuhan terjadi secara perlahan dan lambat sehingga jika diperhatikan sepintas tidak tampak seperti bergerak. Contohnya saja gerakan akar tumbuhan yang mendekati sumber air, atau tumbuhan polong yang daunnya bergerak menutup ketika menjelang malam. Ada juga yang gerakannya cukup cepat sehingga dapat ditangkap oleh mata manusia seperti gerakan daun putri malu yang menutup ketika kita sentuh.

Ada banyak jenis gerakan pada tumbuhan salah satunya gerak termonasti. Pengertian termonasti adalah adalah gerakan bagian tumbuhan karena adanya perubahan suhu. Contoh gerak termonasti pada tumbuhan bisa kita amati pada bunga crokus dan tulip di daerah dingin yang akan bergerak (mekar) pada saat terjadi kenaikan suhu seperti pada musim semi. Sementara pada saat suhu turun ketika musim dingin tanaman ini akan kembali menutup.

Arah gerakan tumbuhan pada termonasti tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan tetapi ditentukan oleh tumbuhan itu sendiri. Mau rangsangan datang dari arah mana saja, tidak akan mempengaruhi kemana arah gerakan tumbuhan.

Gerakan bagian tumbuhan pada termonasti terjadi karena perubahan tekanan turgor atau tekanan air di dinding sel tumbuhan pada jaringan tulang daun. Tekanan ini dipengaruhi oleh masuknya air ke dalam sel yang kemudian mendesak dinding sel dan menyebabkan timbulnya tekanan pada dinding sel tersebut. Saat kadar air pada sel tumbuhan tinggi maka tekanan turgor semakin kuat, begitu pula sebaliknya. Hal ini menyebabkan gerakan yang ditimbulkan bersifat elastis dan reversible sehingga ketika pengaruh rangsangan hilang maka posisi bagian tumbuhan akan kembali seperti semula.


Oke itulah penjelasan pengertian gerak termonasti dan contohnya secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian termonasti dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian terminologi 🙂