PENGERTIAN TERSIRAT DAN TERSURAT BESERTA CONTOHNYA


  • Pengertian tersirat dan tersurat beserta contohnya itu apa ?
  • Apa yang dimaksud dengan makna tersirat dan tersurat ?
  • Apa perbedaan makna tersirat dan tersurat ?
  • Apa makna tersirat dan tersurat dalam teks ?
  • Apa contoh makna tersirat dan tersurat ?

Pengertian Tersirat dan Tersurat


Pengertian Tersirat dan Tersurat Menurut Para Ahli

Arti tersirat dan tersurat adalah :

Ketika kita berbicara dengan seseorang atau membaca sebuah buku artinya kita mencoba memahami apa yang dibicarakan seseorang atau ditulis dalam buku tersebut. Dalam proses memahami suatu pembicaraan atau tulisan terkadang ada maksud yang disampaikan secara tersurat dan ada pula yang tersirat. Apa itu tersirat dan tersurat? Apa perbedaan tersirat dan tersurat? Mari kita lihat sama-sama maksudnya.

Pengertian tersurat adalah sesuatu hal yang disampaikan secara jelas dan dapat dipahami sebagaimana adanya apakah tertulis atau diucapkan. Kita dapat langsung memahami dan menangkap pesan yang ingin disampaikan hanya dengan memperhatikan kata-kata yang diucapkan. Contohnya kalimat Atina pergi ke pasar pagi ini. Saya yakin semua orang dapat memahami kalimat ini dengan baik.

Sebaliknya, pengertian tersirat adalah maksud atau makna pembicaraan atau tulisan yang tidak disampaikan secara gamblang tetapi secara tersembunyi yang hanya dapat dimengerti dengan benar-benar memahami keseluruhan pembicaraan atau tulisan. Contohnya paragraf : Minuman-minuman instan sangat nikmat diminum, apalagi jika disajikan dalam keadaan dingin. Namun baru-baru ini ada hasil penelitian yang diterbitkan di internet mengenai daftar minuman instan yang belum terdaftar dan ternyata memiliki kandungan berbahaya.

Pada contoh paragraf tersirat di atas, kita memang dapat memahami kata-katanya secara jelas namun jika kita pahami lebih lanjut ada makna tersirat dalam paragraf tersebut yaitu bahwa kita sebagai konsumen sebaiknya harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi minuman-minuman instan apalagi merek-merek baru yang belum memiliki izin.

Tentu kata-kata yang tersurat jauh lebih mudah dipahami daripada yang tersirat. Perlu kemampuan memahami dan menyimpulkan sesuatu untuk dapat mengambil makna tersirat dari suatu pembicaraan atau tulisan. Bahkan terkadang ada juga orang yang tidak dapat menangkap maksud yang tersirat dari suatu pembicaraan atau tulisan. Baik penggunaan kata-kata yang tersurat atau tersirat memiliki kelebihan dan kekuarangan masing-masing.

Kata-kata tersurat memang lebih mudah dipahami namun ada kalanya penggunaan kata-kata tersurat tidak tepat karena dianggap terlalu vulgar atau kasar. Seperti ketika seorang mertua ingin mengingatkan menantunya agar rajin bekerja. Tentu akan terdengar kasar jika si mertua menggunakan kata-kata tersurat. Akan lebih baik jika mertua menggunakan kata-kata tersirat yang dapat mengingatkan menantunya secara halus agar rajin bekerja.

Sebaliknya kata-kata tersirat biasanya lebih terdengar sopan namun jika terlalu ‘tersembunyi’ akan menyulitkan orang yang dituju untuk memahaminya. Apalagi jika orang tersebut tidak sensitif dan cenderung cuek. Seperti pada contoh di atas dimana si menantu bisa jadi tidak memahami maksud ucapan mertuanya sehingga ia tidak kunjung berubah menjadi rajin.


Oke itulah penjelasan pengertian tersirat dan tersurat beserta contohnya secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian pesan tersirat dan tersurat serta  apa perbedaan antara makna tersirat dan tersurat ya ! Lihat juga pengertian tersangka terdakwa dan terpidana 🙂