PENGERTIAN TETANGGA


  • Pengertian tetangga itu apa sih ?
  • Apa itu tetangga ? Apa arti kata tetangga ?
  • Apa yang dimaksud dengan tetangga ?
  • Apa yang dimaksud dengan negara tetangga ?
  • Apa pengertian tetangga menurut Islam ?

Pengertian Tetangga


Pengertian Tetangga Menurut Para Ahli

Arti tetangga adalah :

Pengertian tetangga adalah seseorang yang paling dekat dengan kita, serta bisa menjadi bagian dari keluarga kita. (Qodriyah : 2012)

Pengertian tetangga menurut Islam adalah penghuni yang tinggal atau berada di sekeliling rumah seseorang, mulai dari rumah pertama sampai dengan rumah yang ke empat puluh. (Hafidz Hasan Al-Mas’udi, Taysir Al-Khalaq)


Jika ditanya siapa yang paling dekat dengan kita secara fisik selain anggota keluarga jawabannya adalah tetangga. Mungkin kita memiliki kerabat dekat atau teman dekat yang sangat kita sayangi dan menyayangi kita, namun mereka tidak selalu berada di dekat kita.

Secara umum, pengertian tetangga adalah orang yang rumahnya paling dekat dengan kita sehingga apapun yang terjadi merekalah yang lebih dahulu tahu. Ketika kita tertimpa kesusahan merekalah orang pertama yang dapat menolong, begitu pula saat kita sedang kerepotan ketika mengadakan acara besar, mereka pula orang pertama yang siap membantu.

Untuk itu kita harus selalu membina hubungan baik dengan tetangga. Tidak hanya siap ditolong namun juga siap menolong jika ada tetangga yang mendapat kesusahan. Tidak hanya ketika ada kesusahan, ketika kita mendapat kebahagiaan hendaknya kita juga berbagi dengan tetangga seperti berbagi makanan, saling meminjamkan bahan dapur ketika tetangga sedang kehabisan, dan lain sebagainya.

Salah satu agama yang sangat memperhatikan hubungan dengan tetangga adalah agama islam. Bukan hanya menganjurkan berbuat baik kepada tetangga tetapi Islam juga melarang umatnya untuk mengganggu tetangganya meskipun hanya melalui omongan. Umat islam juga dilarang untuk menyebarkan aib tetangga jika ia mengetahuinya, sebaliknya berusaha menutupi aib tersebut dan menasihatinya untuk bertaubat. Saat tetangga sedang kesusahan atau dalam kondisi kurang mampu umat islam diperintahkan untuk menolong dan berbagi dengan tetangganya.

Kedekatan yang terjalin antartetangga lebih banyak ditemui pada masyarakat pedesaan. Di perkotaan yang masyarakatnya lebih individual dan sibuk dengan kehidupan masing-masing cukup sulit kita temui kedekatan antartetangga. Bahkan ada yang tidak kenal dengan tetangganya sendiri karena setiap hari pergi pagi dan pulang malam. Ketika hari libur hanya tinggal di rumah atau pergi liburan ke luar kota.

Kedekatan antartetangga pada masyarakat pedesaan dapat kita lihat saat ada peristiwa kematian atau acara pernikahan. Saat ada warga yang meninggal dunia tetangga sekitar langsung berupaya membantu mengurus jenazah seperti  membantu memandikan, menyolatkan, hingga menguburkan.  Begitu pula saat ada acara pernikahan, para tetangga tidak segan datang dan menolong persiapan acara, seperti menolong memasak, mendekorasi tempat, dan lain sebagainya.


Oke itulah penjelasan definisi kata tetangga secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tetangga dan masyarakat secara umum ya ! Lihat juga pengertian testimoni hukum 🙂