PENGERTIAN TIANG PANCANG


  • Pengertian tiang pancang beton itu apa sih ?
  • Apa itu tiang pancang ? Apa arti kata tiang pancang ?
  • Apa yang dimaksud dengan tiang pancang baja ?
  • Apa yang dimaksud pondasi tiang pancang ?
  • Apa fungsi tiang pancang beton ?

Pengertian Tiang Pancang


Pengertian Tiang Pancang Menurut Para Ahli

Arti tiang pancang adalah :

Dibalik megahnya berbagai gedung pencakar langit ada pondasi dasar di bawahnya yang membuat gedung tersebut dapat berdiri kokoh selama bertahun-tahun. Bangunan dengan puluhan lantai tentu memiliki beban yang sangat besar sehingga harus dapat ditopang dengan baik oleh pondasi bangunan, salah satunya adalah dengan menggunakan pondasi tiang pancang.

Pengertian tiang pancang adalah tiang yang merupakan bagian dari konstruksi pondasi bangunan yang digunakan untuk membantu mengurangi tekanan dari bangunan beserta seluruh isinya terutama jika tinggi bangunan lebih dari 3 lantai sementara struktur tanah di bawah bangunan terlalu lembek dimana tanah keras berada jauh di bawah. Tiang pancang seringkali juga disebut dengan paku bumi.

Pengertian tiang pancang beton adalah tiang pancang yang terbuat dari beton yang keras. Sedangkan pengertian tiang pancang baja adalah tiang pancang yang terbuat dari baja yang sangat kuat menyerupai bentuk silinder.

Lalu apa fungsi tiang pancang? Tiang pancang ini dirancang agar mampu menahan gaya tegak lurus dari atas dengan menyalurkannya melalui sumbu tiang pancang ke lapisan tanah di bawahnya. Beban-beban dari bangunan dan seluruh isinya akan disalurkan ke lapisan tanah yang keras melalui tiang pancang. Selain itu tiang ini juga digunakan untuk menahan gaya lateral pada bangunan yang arahnya sulit ditentukan seperti yang ditimbulkan oleh gempa bumi dan angin kencang.

Selain digunakan pada bangunan yang ada di daratan, tiang pancang juga digunakan untuk membantu menahan beban dari bangunan-bangunan yang didirikan di atas air seperti dermaga, jembatan, kilang minyak lepas pantai, dan lain sebagainya. Tiang ini membantu menahan bangunan dari kemungkinan pengaruh erosi. Tiang pancang ditancapkan hingga ke dalam tanah yang mendasari air hingga bangunan tidak hanya mendapatkan daya dukung tanah namun juga daya dukung air.

Tiang pancang biasanya terbuat dari beton, kayu, atau baja. Tiang pancang berbentuk panjang dan langsing serta memiliki ujung berbentuk runcing sehingga dalam pemasangannya dapat langsung ditancapkan ke dalam tanah menggunakan mesin pemancang seperti menancapkan paku menggunakan martil.

Tiang pancang dipukul beberapa kali ke dalam tanah sampai tiang tertancap dengan baik. Namun cara ini menimbulkan suara yang cukup keras hingga dapat mengganggu lingkungan sekitar. Hal ini dapat dianalogikan dengan proses pemasangan paku menggunakan martil. Kita tentu tahu seberapa berisiknya ketika seseorang sedang memaku, bayangkan kerasnya suara yang ditimbulkan jika paku dan martilnya diganti dengan tiang pancang dan mesin pemancang yang berukuran jauh lebih besar.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tiang pancang secara umum ya ! Semoga kalian bisa memahami kelebihan dan kekurangan pondasi tiang pancang ya ! Lihat juga pengertian tetangga 🙂