PENGERTIAN TIGA DIMENSI DAN CONTOHNYA


  • Pengertian tiga dimensi dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu tiga dimensi ? Apa arti kata tiga dimensi ?
  • Apa yang dimaksud dengan tiga dimensi ?
  • Apa pengertian seni tiga dimensi dan contohnya?
  • Apa pengertian tiga dimensi dan dua dimensi ?

Pengertian Tiga Dimensi


Pengertian Tiga Dimensi Menurut Para Ahli

Arti tiga dimensi adalah :

Pengertian tiga dimensi adalah objek yang mempunyai 3 matra yakni panjang, lebar, dan tinggi. (Wikipedia)

Pengertian media tiga dimensi menurut para ahli (Nana Sudjana, 2011:101) adalah suatu alat peraga yang mempunyai panjang, lebar serta tinggi dan dapat diamati dari sudut pandang mana saja.

Pengertian seni rupa tiga dimensi menurut para ahli (Rondhi & Sumartono, 2002:13) adalah karya seni rupa yang mempunyai ukuran lebar, panjang, dan tinggi ; atau karya seni yang memiliki volume dan menempati ruang. Contoh karya seni rupa tiga dimensi adalah keramik, patung dsb.


Teman-teman pasti sudah sering mendengar istilah 3d atau tiga dimensi dalam berbagai bidang. Ada film 3d, seni rupa tiga dimensi, media tiga dimensi, dan lain sebagainya. Apa sih sebenarnya maksud tiga dimensi ini? Dimensi didefinisikan sebagai ukuran yang menyatakan keberadaan sesuatu seperti panjang, lebar, tinggi, dan lain sebagainya.

Garis yang menghubungkan dua buah titik memiliki satu ukuran yaitu panjang disebut berdimensi satu. Sementara sebuah persegi panjang yang memiliki dua ukuran yaitu panjang dan lebar disebut berdimensi dua. Dan sesuatu dikatakan berdimensi tiga ketika ia memiliki tiga ukuran yaitu panjang, lebar, dan tinggi atau kedalaman. Secara umum, pengertian tiga dimensi adalah konsep ruang dan merupakan dimensi yang dikenal manusia secara umum sebagai dimensi dimana manusia hidup.

Istilah tiga dimensi digunakan dalam berbagai bidang seperti matematika dan seni. Dalam bidang matematika tiga dimensi digambarkan dengan tiga sumbu yaitu sumbu x, y, dan z. Sumbu x dan y menyatakan panjang dan lebar, sementara sumbu z menyatakan tinggi. Hal ini salah satunya terdapat dalam konsep bangun ruang.

Bangun datar seperti persegi dan persegi panjang yang hanya memiliki dua dimensi jika ditambahkan satu dimensi lagi akan menjadi bangun ruang tiga dimensi yaitu kubus dan balok. Bangun ruang yang berdimensi tiga bukanlah sesuatu yang dapat digambarkan dengan sempurna di atas kertas. Dimensi ketiga dari bangun ruang biasanya digambarkan dengan garis putus-putus untuk memperlihatkan bahwa bagian tersebut tidak dapat dilihat dari arah tersebut.

Suatu bidang seni dikatakan bersifat tiga dimensi ketika karya-karya yang dihasilkan tidak hanya dapat dinikmati dengan cara dilihat namun juga dapat disentuh atau dirasakan. Berbeda dengan karya seni dua dimensi seperti lukisan di atas kanvas yang hanya dapat dilihat dari satu arah, karya seni tiga dimensi dapat dilihat dari berbagai arah, baik dari depan-belakang, samping kiri-kanan, serta atas-bawah. Contohnya seperti patung, berbagai keramik, arsitektur bangunan, dan lain sebagainya. Hal ini juga yang diaplikasikan pada film 3d yang membuat penonton merasakan seolah-olah ikut masuk ke dalam film.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tiga dimensi dan contohnya serta perbedaan tiga dimensi dan dua dimensi. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian karya seni tiga dimensi dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian tiga dimensi dalam sejarah 🙂