PENGERTIAN TIGMONASTI BESERTA CONTOHNYA


  • Pengertian tigmonasti beserta contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu gerak tigmonasti ? Apa arti kata tigmonasti ?
  • Apa yang dimaksud dengan tigmonasti ?
  • Apa pengertian dan contoh gerak tigmonasti ?

Pengertian Tigmonasti


Pengertian Gerak Tigmonasti Menurut Para Ahli

Arti tigmonasti adalah :

Salah satu hal yang senang kita lakukan pada masa kecil ketika bermain di taman adalah bermain-main dengan tanaman putri malu (mimosa pudica), tumbuhan perdu yang merupakan anggota dari suku polong-polongan. Kita begitu senang menyentuh daun-daunnya yang akan mengatup ketika disentuh sedikit saja. Bahkan ketika dalam perjalanan ke sekolah kita tidak akan melewatkan kesempatan menyentuh daun tumbuhan ini dengan ujung sepatu untuk melihat daun-daunnya mengatup. Bisa jadi hal inilah yang menyebaban tanaman tersebut diberi nama putri malu, disentuh sedikit saja langsung mengatup karena malu. Pergerakan mengatupnya daun-daun putri malu ketika disentuh adalah contoh dari tigmonasti.

Pengertian tigmonasti adalah gerak pada tumbuhan karena adanya rangsangan berupa sentuhan dimana arah gerakan tumbuhan tidak tergantung dari arah datangnya rangsangan. Dari arah mana pun kita menyentuh daunnya, tumbuhan putri malu akan tetap mengatup ke arah yang sama seperti tumbuhan yang sedang layu.

Tigmonasti pada putri malu tidak hanya disebabkan oleh sentuhan, rangsangan dari luar seperti digoyang, diberi rangsangan listrik, didinginkan dengan cepat, atau dipanaskan juga dapat menyebabkan daun-daun putri malu mengatup. Gerak tigmonasti pada putri malu tidak hanya sebagai bentuk kepekaan terhadap rangsangan tetapi juga sebagai bentuk perlindungan diri terhadap serangan serangga atau hewan pemakan tumbuhan lain yang ingin memakan daunnya.

Gerakan mengatup tiba-tiba dapat menakuti dan mengusir serangga yang ingin memangsanya. Selain itu gerakan mengatup ini juga menyebabkan bagian bawah daun putri malu yang berwarna lebih pucat menjadi terlihat sehingga pemangsanya mengira tumbuhan tersebut sudah layu dan tidak jadi memakannya.

Terjadinya tigmonasti karena adanya perubahan tekanan turgor pada tumbuhan dimana tekanan inilah yang menentukan tumbuhan dapat tegak dan kaku. Rangsangan berupa sentuhan menyebabkan aliran air dalam sel tumbuhan menjauh dari daerah yang terkena sentuhan sehingga tekanan turgor pada bagian tumbuhan tersebut yang berfungsi mendorong membran sel terhadap dinding sel mengecil sehingga berakibat tulang daun, cabang, dan batang tumbuhan seperti putri malu menjadi layu atau mengatup. Setelah beberapa waktu tekanan turgor akan kembali normal sehingga bagian-bagian tumbuhan seperti tulang daun, cabang, dan batang tegak kembali.


Oke itulah penjelasan pengertian tigmonasti beserta contohnya secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tigmonasti dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian tiga dimensi 🙂