PENGERTIAN TILAWAH


  • Pengertian tilawah al quran itu apa sih ?
  • Apa itu tilawah ? Apa arti kata tilawah ?
  • Apa yang dimaksud dengan tilawah ?
  • Apa definisi tilawah quran ?

Pengertian Tilawah


Pengertian Tilawah Menurut Para Ahli

Arti tilawah adalah :

Bahasa Arab sebagai bahasa yang digunakan dalam Alquran yang merupakan kitab suci umat islam adalah bahasa yang sangat komplet dan kaya akan kosakata. Salah satunya kata tilawah yang artinya membaca yang juga bersinonim dengan kata lain seperti qira’ah dan tartil namun berbeda dari segi makna. Istilah tilawah berasal dari kosakata bahasa Arab yang telah diserap ke dalam bahasa Indonesia dan menjadi kosakata baku.

Pengertian tilawah adalah pembacaan ayat-ayat Alquran yang dilakukan dengan baik dan indah. Istilah tilawah cenderung ditujukan kepada ayat-ayat Alquran karena di dalamnya terkandung makna mempercayai dan mengikuti apa yang dibaca dimana hal ini hanya dapat diaplikasikan kepada Alquran sebagai kitab suci. Tidak mungkin kita akan serta-merta mempercayai dan mengikuti semua yang kita baca seperti koran atau bacaan-bacaan lain.

Dalam bahasa Arab kata tilawah memiliki makna yang jauh lebih dalam. Ada tilawah dari segi pelafalan dan ada tilawah dari segi makna. Dari segi pelafalan tilawah berarti kegiatan membaca Alquran dengan baik dan benar sesuai dengan aturan dan kaidah yang ada seperti melafalkan huruf-huruf dengan cara yang benar, memahami sifat masing-masing huruf, serta mempelajari tajwid dan mengaplikasikannya ketika membaca Alquran.

Tajwid merupakan ilmu yang memepelajari bagaimana cara membaca Alquran dengan baik dan benar diantaranya bagaimana melafalkan suatu rangkaian kata-kata jika sebuah kata dengan akhiran tertentu bertemu dengan kata lain yang diawali huruf tertentu, panjang pendeknya bacaan, dan lain sebagainya.

Sementara dari segi makna tilawah berarti mengikuti atau taat pada ayat-ayat Alquran yang telah dibaca. Setelah dibaca dengan baik dan benar kemudian dipahami maknanya dan ditaati. Menjalankan semua yang diperintahkan dan menjauhi semua yang dilarang. Dapat kita lihat bahwa tilawah lebih dari sekedar membaca suatu teks tetapi membaca dengan benar dan menaati isi teks tersebut dan ini hanya dapat diaplikasikan pada kitab suci yang telah diimani oleh seseorang.

Alqur’an merupakan wahyu dari Allah yang menjadi tuntunan seorang muslim dalam menjalanai kehidupan. Untuk itu dalam melakukan tilawah ada adab-adab tertentu yang harus dijaga diantaranya melakukan tilawah dengan niat ikhlas karena Allah, melakukannya dengan khusyu’ sehingga lebih menghayati dan memahami apa yang dibaca, dilakukan di tempat yang suci dan bersih seperti di masjid atau majelis belajar, menghadap kiblat, dan lain sebagainya.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tilawah. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tilawah al quran secara umum ya ! Lihat juga pengertian gerak tigmonasti 🙂