PENGERTIAN TIM KREATIF TELEVISI


  • Pengertian tim kreatif televisi itu apa sih ?
  • Apa itu tim kreatif televisi ? Apa arti tim kreatif tv ?
  • Apa yang dimaksud dengan tim kreatif televisi ?
  • Apa tugas dan tanggung jawab tim kreatif televisi ?

Pengertian Tim Kreatif TV


Pengertian Tim Kreatif Menurut Para Ahli

Arti tim kreatif tv adalah :

Pengertian tim kreatif televisi adalah tim yang secara langsung membuat acara atau program TV semenarik mungkin sehingga tujuan-tujuan seperti share & rating terpenuhi dan juga bisa diterima oleh masyarakat luas. (Lukman H)


Di balik berbagai acara televisi yang kita saksikan setiap hari ada orang-orang yang bekerja keras siang dan malam untuk mewujudkannya. Mulai dari proses pencarian ide acara, pengembangan ide, proses produksi, editing, hingga dapat kita saksikan di televisi. Tim kreatif televisi adalah salah satu divisi pada stasiun televisi yang menangani proses kreatif acara-acara di televisi.

Singkatnya, pengertian tim kreatif televisi adalah tim yang terdiri dari sekumpulan orang yang bertugas mencari ide mengenai acara yang akan ditayangkan dan mengembangkan ide tersebut menjadi suatu konsep utuh secara mendetail. Konsep inilah yang kemudian dituangkan dalam bentuk naskah dan rundown acara yang berisi susunan acara dari awal hingga akhir sesuai durasi acara tersebut. Setelah selesai naskah dan rundown ini diserahkan kepada tim produksi untuk dieksekusi.

Tim kreatif bekerja di bawah produser yang fokus pada pengolahan isi atau konten dari suatu acara televisi. Di tangan merekalah lahir ide sebuah acara yang kemudian dikembangkan sampai sedetail-detailnya. Dapat dikatakan merekalah yang menentukan apakah sebuah acara televisi berkualitas atau tidak. Sehari-hari personil tim kreatif mengurusi rundown, naskah acara, hingga memberikan briefing bagi para pengisi acara seperti pembawa acara dan bintang tamu.

Lalu apa tugas tim kreatif dalam suatu acara / peran tim kreatif dalam program TV ?

Pada dasarnya ada empat tugas utama tim kreatif televisi yaitu dimulai dari menemukan dan merumuskan ide acara, mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah konsep mulai dari konsep dasar hingga konsep secara detail, menyusun sinopsis naskah yang kemudian akan dipresentasikan untuk mendapat persetujuan dari produser, serta membuat naskah acara dari sinopsis yang telah disetujui yang kemudian diserahkan kepada tim produksi untuk dieksekusi. Diantara kru-kru yang ada pada sebuah tim kreatif adalah pembuat konsep, penulis naskah, supervisor naskah, dan script editor.

Dalam industri pertelevisian Indonesia posisi sebagai anggota tim kreatif merupakan posisi pemula atau istilah kerennya entry-level dimana bakat-bakat kreatif yang baru lulus biasanya mulai bekerja. Di sini kemampuan dan pengalaman mereka diasah dan jika bekerja dengan baik serta memiliki prestasi yang bagus maka karir mereka dapat meningkat menjadi senior kreatif bahkan produser. Gaji tim kreatif tv di Indonesia berkisar antara 3 s/d 4 jutaan.


Oke itulah penjelasan mengenai pengertian tim kreatif TV. mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tim kreatif televisi serta tugas dan tanggung jawab tim kreatif televisi ya ! Lihat juga pengertian timbre 🙂