PENGERTIAN TIM MEDIS DAN PARAMEDIS


  • Pengertian tim medis dan paramedis itu apa sih ?
  • Apa itu tim bantuan medis dan tugasnya ?
  • Apa macam macam tenaga medis ?
  • Apa yang dimaksud dengan tim medis dan paramedis ?
  • Apa perbedaan tim medis dan paramedis ?

Pengertian Tim Medis dan Paramedis


Pengertian Medis dan Paramedis Menurut Para Ahli

Arti tim medis dan paramedis adalah :

Bekerja sebagai tenaga kesehatan merupakan tugas mulia karena membantu meringankan penderitaan orang lain. Untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada para pasien tidak dapat dilakukan sendirian oleh seorang petugas medis. Diperlukan kerja sama tim antara tenaga medis dan paramedis dalam menangani para pasien. Apalagi kondisi pasien yang datang tidak dapat diprediksi, ada yang mengalami luka ringan, melahirkan, terkena luka bakar, memerlukan tindakan operasi serius, bahkan ada yang meninggal dunia.

Pengertian tenaga medis adalah sebutan lain untuk dokter yang memiliki kemampuan menangani pasien secara medis dan telah menyelesaikan pendidikannya di fakultas kedokteran baik kedokteran umum maupun kedokteran gigi. Pendek kata, tenaga medis terdiri dari para ahli kedokteran yang mempunyai spesialisasi dibidangnya.

Sedangkan pengertian tim medis adalah sekelompok dokter baik dokter umum, dokter gigi, atau dokter spesialis yang bekerja sama menangani pasien. Seorang pasien dengan kondisi yang kompleks terkadang tidak dapat ditangani oleh seorang dokter saja, diperlukan beberapa orang dokter yang membentuk tim untuk memberikan penanganan terbaik kepada pasien.

Dalam bekerja tim medis juga memerlukan bantuan tim paramedis untuk melakukan pemeriksaan awal atau pertolongan pertama kepada pasien. Lalu apa yang termasuk tenaga medis dan paramedis? Apa pula perbedaan tim medis dan paramedis ?

Pengertian paramedis adalah seorang profesional dalam bidang kesehatan yang bertugas membantu dokter menangani dan merawat pasien. Contoh paramedis adalah bidan, mantri, perawat, hingga teknisi ambulans. Merekalah yang biasanya menangani pasien pertama kali dan memberikan pertolongan pertama sebelum dokter datang, baik pasien dalam kondisi biasa atau darurat. Mereka akan melakukan pemeriksaan-pemeriksaan awal terhadap pasien seperti mempersiapkan wadah untuk urine pasien, memeriksa berat badan dan tekanan darah, dan lain sebagainya.

Sedangkan pengertian tim paramedis adalah kumpulan beberapa tenaga paramedis. Anggota tim paramedis harus memiliki kesigapan dalam bertindak karena merekalah yang pertama kali menangani pasien dalam berbagai kondisi. Mereka disiagakan di dalam ambulans sekitar 2-3 orang yang terdiri dari perawat, asisten perawat, serta supir atau teknisi ambulans.

Jika kondisi benar-benar darurat dan ambulans tidak dapat mencapai lokasi pasien, bukan tidak mungkin anggota tim paramedis ini menggunakan sepeda motor untuk mencapai lokasi pasien yang membutuhkan pertolongan dengan segera. Untuk dapat menjadi paramedis seseorang harus menjalani pelatihan dan pendidikan di sekolah paramedis atau akademi ilmu keperawatan.

Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa perbedaan medis dan paramedis adalah dari fungsi dan tanggung jawabnya, yang mana tim medis mempunyai fungsi dan tanggung jawab yang lebih besar daripada tim paramedis.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tim medis dan paramedis serta contoh paramedis & contoh tenaga medis. Mudah-mudahan kalian bisa memahami perbedaan tim medis dan paramedis secara umum ya ! Lihat juga pengertian tim kreatif televisi 🙂