PENGERTIAN TIMBRE DALAM MUSIK


  • Pengertian timbre dalam musik  itu apa sih ?
  • Apa itu timbre suara ? Apa arti timbre dalam seni musik ?
  • Apa yang dimaksud dengan warna suara atau timbre ?
  • Apa pengertian timbre dalam unsur musik ?
  • Apa pengertian timbre dalam vokal ?

Pengertian Timbre


Pengertian Timbre Menurut Para Ahli

Arti timbre adalah :

Saya yakin teman-teman pasti dengan mudah dapat membedakan antara suara gonggongan anjing dengan teriakan anak kecil. Atau membedakan antara suara yang dihasilkan gitar dengan piano meskipun keduanya memainkan nada yang sama. Apa yang menyebabkan ini terjadi? Ya, timbre atau warna suara/bunyi lah yang membuat kita dapat membedakan suara satu dengan suara lainnya meskipun dimainkan pada nada yang sama. Lalu timbre artinya apa sih?

Pengertian timbre adalah karakteristik suara yang menunjukkan keunikan tiap suara sehingga dapat dibedakan antara suara yang satu dengan suara yang lainnya. Sedangkan pengertian timbre dalam seni musik adalah kualitas dari kekhasan yang dihasilkan atau diciptakan oleh suara instrumen. Hal ini dapat kita lihat pada permainan musik sebuah band. Meskipun gitar, bass, keyboard, dan drum dimainkan secara bersamaan pada nada yang sama namun menghasilkan bunyi yang berbeda-beda.

Perbedaan timbre pada masing-masing alat musik atau sumber bunyi lain dipengaruhi oleh beberapa hal seperti perbedaan cara memainkan alat musik, perbedaan alat resonansi pada sumber bunyi, serta perbedaan materi atau bahan pembuat sumber bunyi baik bahan pembuat alat musik atau organ-organ pada pita suara seseorang dan bagaimana cara sumber bunyi tersebut bergetar. Alat musik petik seperti gitar dan alat musik pukul seperti gendang memiliki timbre yang jauh berbeda. Lain halnya dengan timbre yang dimiliki oleh biola yang cukup sulit dibedakan dengan violin dimana keduanya sama-sama dimainkan dengan cara digesek.

Prinsip resonansi digunakan pada sebagian alat musik seperti seruling, ketipung, kendang, gitar akustik, rekorder, dan lain sebagainya. Alat-alat yang beresonansi pada alat musik atau pita suara seseorang turut mempengaruhi timbre yang dihasilkan. Seperti perbedaan signifikan antara timbre suara laki-laki dan perempuan karena perbedaan ukuran organ yang beresonansi di tenggorokan masing-masing.

Bahan atau material yang digunakan pada alat musik sebagai sumber bunyi juga mempengaruhi timbre sumber bunyi tersebut. Timbre yang dimiliki oleh alat musik yang terbuat dari kayu berbeda dengan timbre alat musik yang terbuat dari kulit. Material yang berbeda akan bergetar dengan cara yang berbeda pula sehingga timbre yang dihasilkan juga berbeda.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian timbre dalam musik secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami apa yang dimaksud dengan warna bunyi atau timbre secara umum ya ! Lihat juga pengertian tilawah 🙂