PENGERTIAN TITIK DIDIH DAN TITIK BEKU


  • Pengertian titik didih dan titik beku itu apa sih ?
  • Apa itu titik didih dan titik beku ?
  • Apa pengertian titik didih larutan ?
  • Apa pengertian titik beku larutan ?
  • Apa yang dimaksud dengan titik didih dan titik beku ?

Pengertian Titik Didih dan Titik Beku


Pengertian Titik Didih dan Titik Beku Menurut Para Ahli

Arti titik didih dan titik beku adalah :

Pengertian titik didih dan titik beku – Memasak dan membekukan air dapat dikatakan kegiatan yang sehari-hari kita lakukan. Kita memasak air hingga mendidih agar kuman dan bakteri yang ada di dalamnya mati dan air aman diminum. Kita juga memasukkan air ke dalam kulkas atau freezer hingga menjadi beku agar dapat kita manfaatkan ketika ingin mengonsumsi air dingin/air es pada siang hari yang panas. Air mendidih atau membeku saat suhunya dinaikkan atau diturunkan hingga mencapai titik didih atau titik beku.

Secara sederhana pengertian titik didih adalah suhu yang dicapai suatu zat cair ketika mendidih yang ditandai dengan timbulnya gelembung-gelembung uap yang dapat kita lihat secara langsung. Gelembung uap ini timbul karena tekanan di dalam air sama atau lebih besar daripada tekanan udara di luar. Seperti air dikatakan mendidih jika sudah timbul gelembung-gelembung pada seluruh bagian air. Gelembung-gelembung ini merupakan gelembung uap dimana jika air kita biarkan mendidih terus-menerus maka akhirnya air akan habis menguap dan panci kita menjadi gosong.

Titik didih suatu cairan tidak bersifat tetap namun tergantung pada tekanan udara sekitar. Di permukaan bumi normalnya tekanan udara adalah 1 atm dimana titik didih air adalah 100ºC. Semakin kecil tekanan udara maka titik didih zat cair akan semakin rendah. Seperti di daerah pegunungan atau dataran tinggi dimana tekanan udaranya lebih kecil dari 1 atm maka titik didih air di sana akan lebih rendah sehingga air lebih cepat mendidih.

Sedangkan pengertian titik beku adalah suhu yang dicapai suatu zat cair ketika menjadi padat atau disebut membeku. Zat cair dapat menjadi beku ketika suhunya diturunkan terus-menerus, seperti air yang kita masukkan ke dalam kulkas dan setelah beberapa waktu menjadi beku, pada saat itulah air mencapai titik bekunya dan suhunya akan stabil pada titik beku tersebut.

Umumnya titik beku air adalah 0ºC. Namun ada situasi dimana pada suhu 0ºC air masih dalam bentuk cairan dan belum membeku yang disebut supercooled water. Menurut penelitian hal ini bisa terjadi hingga suhu -48ºC. Supercooled water ini terjadi ketika kondisi air sangat murni tanpa campuran partikel lain sehingga jarang kita temui karena kebanyakan air yang kita konsumsi telah bercampur dengan partikel-partikel lain.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian titik didih dan titik beku larutan. Mudah-mudahan kalian bisa memahami perbedaan titik didih dan titik beku secara umum ya ! Lihat juga pengertian tim medis dan paramedis 🙂