PENGERTIAN TRANSISI DAN CONTOHNYA


  • Pengertian transisi dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu transisi ? Apa arti kata transisi ?
  • Apa yang dimaksud dengan transisi demokrasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan transisi pada editing video ?
  • Apa yang dimaksud dengan transisi demokrasi ?

Pengertian Transisi


Pengertian Transisi Menurut Para Ahli

Arti transisi adalah :

Pengertian transisi adalah peralihan dari satu keadaan, tindakan, kondisi, tempat, dan sebagainya ke keadaan, tindakan, kondisi, atau tempat yang lain.

Definisi transisi adalah masa pergantian yang ditandai dari perubahan fase awal ke fase yang baru.


Biasanya pada saat transisi keadaan belum stabil, belum benar-benar meninggalkan yang lama dan belum sepenuhnya beradaptasi dengan yang baru. Contohnya musim pancaroba yang terjadi ketika peralihan antara dua musim utama seperti masa peralihan antara musim hujan dan musim kemarau atau sebaliknya. Pada saat itu biasanya sering terjadi badai, angin yang bertiup sangat kencang, dan hujan yang sangat deras. Karena perubahan cuaca tersebut biasanya banyak orang yang jatuh sakit seperti pilek dan batuk.

Masa remaja merupakan masa transisi atau peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Disebut masa peralihan karena seorang remaja tidak dapat lagi disebut anak-anak akan tetapi belum sepenuhnya menjadi manusia dewasa. Mulai dari bentuk tubuh, pola pikir, dan lain sebagainya sudah mulai seperti orang dewasa akan tetapi mereka juga masih memiliki sifat anak-anak di dalam dirinya.

Anak remaja sudah mulai mengenal rasa malu, tertarik dengan lawan jenis, dan ingin melakukan segala sesuatu sendiri. Akan tetapi mereka masih labil dan belum dapat mengontrol diri dengan baik sehingga harus tetap diawasi oleh orangtua. Perubahan dan hal-hal baru yang terjadi dalam diri mereka tentu tidak mudah dihadapi sehingga perlu peran orangtua dalam mendampingi mereka.

Ada juga istilah masyarakat transisi yaitu masyarakat yang sedang dalam peralihan antara satu budaya, sistem, perilaku, dan lain sebagainya ke budaya, sistem, atau perilaku lain. Misalnya masyarakat pedesaan yang mulai bertransisi menjadi masyarakat perkotaan. Biasanya ini terjadi di daerah pedesaan yang mulai dimasuki perubahan seperti masuknya teknologi dan industri.

Masyarakat ini sudah mulai meninggalkan budaya mereka yang lama akan tetapi belum mampu sepenuhnya mengadopsi budaya yang baru. Seperti pergaulan remaja laki-laki dan perempuan yang biasanya sangat dibatasi, setelah masuk pengaruh budaya perkotaan yang didapat dari televisi sehingga pergaulan remaja sudah mulai bebas dimana kedekatan antara laki-laki dan perempuan merupakan hal yang lumrah.

Transisi atau peralihan merupakan sesuatu yang positif dan wajar terjadi selama dilakukan ke arah yang baik dan tidak dilakukan setengah-setengah, masih belum dapat meninggalkan yang lama dan belum mampu sepenuhnya memakai yang baru. Atau dapat dikatakan terjebak diantara kondisi yang lama dan yang baru.

Pengertian transisi epidemiologi adalah suatu pergeseran pola penyakit dan tingkat kesehatan masyarakat yang ada di suatu daerah dengan determinan yang mempengaruhinya. Pendek kata arti transisi epidemiologi adalah masa peralihan penyebaran penyakit di suatu wilayah.

Pengertian transisi demografi adalah suatu teori yang menjelaskan tentang perubahan pada struktur penduduk di suatu wilayah yang ditandai dengan besarnya perubahan tingkat fertilitas dan mortilitas.

Pengertian transisi slide adalah suatu efek gerakan yang muncul saat peralihan slide presentasi ke halaman slide presentasi selanjutnya.

pengertian transisi video adalah suatu efek yang berguna untuk menghubungkan video satu dengan video lainnya yang berbeda.


Nah itulah penjelasan singkat tentang pengertian transisi dan contohnya. Mudah-mudahan kalian semua bisa memahami pengertian transisi secara umum ya ! Lihat juga pengertian spg 🙂