PENGERTIAN TRAVELLER CHEQUE


  • Pengertian traveller cheque itu apa sih ?
  • Apa itu traveller cheque ? Apa arti kata traveller cheque ?
  • Apa yang dimaksud dengan traveller cheque ?
  • Apa saja jenis-jenis traveller cheque ?

Pengertian Traveller Cheque


Pengertian Traveller Cheque Menurut Para Ahli

Arti traveller cheque adalah :

Pengertian traveller cheque adalah sejenis cek yang digunakan ketika bepergian dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran ataupun diuangkan pada bank yang menerbitkannya atau pihak lain yang ditunjuk.

Definisi traveller cheque adalah cek perjalanan atau cek wisata yang digunakan seorang turis untuk bepergian yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam berbelanja, mengurngi resiko kehilangan uang serta memberikan rasa percaya diri.


Siapa yang tidak suka bepergian? Mengunjungi tempat-tempat baru yang indah merupakan hal yang sangat menyenangkan. Kalau sudah bepergian tentu tidak lengkap rasanya jika tidak berbelanja berburu  barang-barang menarik di tempat yang dikunjungi atau berwisata kuliner mencicipi cita rasa daerah setempat.

Untuk dapat melakukan hal-hal tersebut ketika bepergian kita perlu menyediakan sejumlah uang. Akan tetapi membawa uang dalam jumlah cukup besar ketika bepergian sangatlah beresiko, baik resiko kehilangan atau pencurian.

Hal ini melatarbelakangi lembaga keuangan seperti bank memberikan pelayanan berupa traveller cheque atau cek perjalanan. Dengan traveller cheque kita dapat bepergian dengan aman dan nyaman. Untuk setiap transaksi seperti membayar hotel dan restoran kita dapat menggunakan cek ini secara langsung atau menguangkannya terlebih dahulu.

Pada umumnya traveller cheque hadir dalam mata uang yang kuat seperti Yen, US Dollar, Euro, dan Pounsterling. Cek ini dapat diterbitkan baik oleh bank maupun lembaga keuangan bukan bank. Tidak seperti cek konvensional, cek ini tidak memiliki batas waktu sehingga dapat digunakan kapan saja. Kita juga dapat memilih jenis mata uang dan nominal traveller cheque yang ingin dibeli. Setelah itu kita juga dapat menukarkannya dengan jenis mata uang yang lain.

Memiliki traveller cheque sangat fleksibel. Cek ini dapat langsung digunakan sebagai alat pembayaran, dapat ditukar menjadi uang tunai, dapat juga dimasukkan ke rekening giro, bahkan dapat diwariskan karena sifatnya yang tidak memiliki batas waktu. Resiko kerugian karena hilang atau dicuri juga sangat kecil karena bila cek ini hilang atau dicuri kita dapat melaporkannya ke bank atau lembaga keuangan yang menerbitkannya dan meminta penggantinya dengan memperlihatkan formulir yang dibuat saat membeli traveller cheque.

Ada dua jenis traveller cheque yaitu atas unjuk dan atas nama. Traveller cheque atas unjuk dapat langsung dicairkan ke bank atau agen yang ditunjuk oleh siapapun yang memegang cek tersebut. Sementar traveller cheque atas nama hanya dapat dicairkan oleh orang yang namanya terdapat dalam cek tersebut. Biasanya dibuktikan dengan kartu identitas dan tanda tangan yang sesuai dengan tanda tangan yang diberikan ketika membeli traveller cheque tersebut.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian dari traveller cheque. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian rupiah travellers cheques secara umum ya ! Lihat juga pengertian difabel dan disabilitas 🙂